Sabtu 11 May 2019 15:47 WIB

Dinas Kesehatan Magetan Lakukan Cek Kesehatan Calhaj

Cek kesehatan calhaj untuk memetakan calhaj dengan risiko tinggi.

Jamaah calon haji Kloter 25 menunggu pemeriksaan kesehatan di Embarkasi DKI Jakarta, Pondok Gede, Jakarta, Selasa (8/8).
Foto: Republika/ Wihdan Hidayat
Jamaah calon haji Kloter 25 menunggu pemeriksaan kesehatan di Embarkasi DKI Jakarta, Pondok Gede, Jakarta, Selasa (8/8).

IHRAM.CO.ID, MAGETAN— Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan menjalankan serangkaian pemeriksaan untuk mengecek kondisi kesehatan dan kebugaran calon jamaah haji (calhaj).

"Melalui tes kebugaran, kami ingin memastikan kesehatan para calon haji tetap terjaga sampai dengan berangkat haji nanti," kata Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan Hananta Prakosa di Magetan, Sabtu (11/5).

Baca Juga

Pemeriksaan kesehatan dan kebugaran, kata dia, juga ditujukan untuk memetakan kondisi jamaah calon haji dan upaya-upaya yang perlu dilakukan untuk mengatasinya, termasuk kebutuhan untuk menyediakan tenaga pendamping bagi calhaj dengan risiko kesehatan tinggi.

"Kesehatan calhaj menjadi faktor penting sebelum berangkat ke tanah suci, sehingga di sana bisa menunaikan ibadah dengan baik," kata dia.

Dia mengatakan calhaj dengan risiko kesehatan tinggi disarankan untuk menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah haji dan menyesuaikan aktivitas dengan kondisi kesehatan mereka.

"Saat berangkat semua keperluan penting harus dibawa, di antaranya obat-obatan, masker, dan perlengkapan yang menunjang kelancaran ibadah haji lainnya," kata dia.

Menurut Kantor Wilayah Kementerian Agama Kabupaten Magetan, jumlah calon haji di Kabupaten Magetan yang bisa berangkat ke Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji tahun ini sebanyak 444 orang.

 

 

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement