Kamis 04 Jul 2019 16:31 WIB

Segera Berangkat, Calon Jamaah Haji Diimbau Persiapkan Diri

Pada 6 Juli, calon jamaah haji mulai diberangkatkan ke Tanah Suci

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Hasanul Rizqa
Jamaah haji Indonesia (Ilustrasi).
Foto: Dok Republika.co.id
Jamaah haji Indonesia (Ilustrasi).

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah calon jamaah haji akan segera diberangkatkan ke Tanah Suci pada pekan ini. Mereka diharapkan mempersiapkan pelbagai hal agar pelaksanaan ibadah haji berlangsung dengan baik.

"Kami mengimbau kepada para jamaah agar mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Tidak hanya fisik tapi juga mental, lahir, dan batin," ujar Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kementerian Agama (Kemenag) Muhajirin Yanis saat dihubungi Republika pada Rabu, (3/7).

Baca Juga

Ia menambahkan, kloter pertama haji sudah siap diberangkatkan. Mereka akan masuk asrama pada 5 Juli kemudian diberangkatkan ke Tanah Suci pada 6 Juli.

Pemberangkatan perdana, kata dia, berasal dari Embarkasi Surabaya dan Batam. "Para petugas haji pun sudah siap, baik petugas kloter maupun petugas yang akan bertugas di Arab Saudi," ujar Muhajirin.

Pihaknya menargetkan, pelayanan haji kepada jamaah tahun ini lebih maksimal dibandingkan tahun sebelumnya. "Pada umumnya, pelayanannya sama seperti tahun lalu, tapi khusus untuk penempatan jamaah di Mekah pada tahun ini dengan menggunakan layanan penempatan jamaah melalui sistem zonasi, yakni masing-masing embarkasi ditempatkan pada satu wilayah," jelas Muhajirin.

Dengan begitu tidak terpisah-pisah seperti tahun sebelumnya. Menurutnya, sistem tersebut mempermudah koordinasi dan komunikasi, baik antarpetugas maupun antarjamaah, sebab jamaah dari satu provinsi berada pada satu zona.

Perlu diketahui, ada penambahan kuota haji sebanyak 10 ribu jamaah pada 2019. Dengan begitu total jamaah haji Indonesia tahun ini mencapai 231 ribu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement