Selasa 09 Jul 2019 19:16 WIB

Daftar Tunggu Calon Jamaah Haji Belitung Hingga 2038

Masyarakat Belitung diimbau tetap mendaftarkan diri untuk berhaji.

Ilustrasi.
Foto: Antara/Syaiful Arif
Ilustrasi.

IHRAM.CO.ID, BELITUNG -- Daftar tunggu keberangkatan calon haji di Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung hingga 2038 atau 19 tahun. "Artinya jika mereka mendaftar sekarang maka akan diberangkatkan 19 tahun ke depan, jadi cukup lama," kata Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Belitung, Suyanto di Tanjung Pandan, Selasa (9/7).

Ia mengatakan, kondisi tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya, pembagian jumlah kuota calon jamaah haji dan kondisi di Arab Saudi. "Alhamdulillah untuk ibadah haji tahun ini daerah kami memang mendapatkan penambahan jumlah kuota calon jamaah haji," ujarnya.

Baca Juga

Menurut dia, 120 calon jamaah haji asal daerah itu tahun ini siap diberangkatkan. Jumlah ini bertambah jika dibandingkan jumlah keberangkatan calon jamaah haji tahun sebelumnya, yakni 102 orang.

Sedangkan, calon jamaah haji yang akan diberangkatkan pada tahun ini berasal dari latar belakang pekerjaan yang berbeda, seperti nelayan, petani, pedagang, bahkan pegawai pemerintahan dan karyawan swasta. Ia mengimbau masyarakat tetap mendaftarkan diri untuk menjadi calon jamaah haji meskipun daftar tunggunya cukup lama.

"Ada beberapa kondisi yang bisa mengubah daftar tunggu menjadi naik, misalnya ada yang batal berangkat, sakit, meninggal dunia, dan mencabut permohonan," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement