Kamis 18 Jul 2019 01:00 WIB

Penerbangan Calhaj Makassar Terlambat, Ini Sebabnya

Pesawat mengalami masalah teknis setelah terbang selama 2,5 jam.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Friska Yolanda
Calon jamaah haji turun dari bus saat tiba di Asrama Haji Sudiang, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (6/7/2019).
Foto: Antara/Abriawan Abhe
Calon jamaah haji turun dari bus saat tiba di Asrama Haji Sudiang, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (6/7/2019).

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- VP Corporate Secretary Garuda Indonesia M Ikhsan Rosan menjelaskan mengenai keterlambatan pesawat yang membawa calon jamaah haji (calhaj) kloter 14 Makassar di Bandara Sultan Hasanudin. Hal tersebut berkaitan dengan kendala teknis yang dialami pesawat. 

Ikhsan mengatakan pemberangkatan tersebut menggunakan pesawat dengan nomor registrasi GA 1114. Dia mengatakan pesawat tersebut awalnya sama sekali tidak mengalami keterlambatan pemberangkatan menuju Madinah. 

Baca Juga

"GA 1114 berangkat tepat waktu yaitu pukul 19.50 WITA," kata Ikhsan kepada Republika.co.id, Rabu (17/7). 

Hanya saja, Ikhsan mengatakan, setelah pesawat terbang selama 2,5 jam mengalami masalah teknis yaitu hydraulic leak sehingga harus return to base (RTB). Kondisi tersebut yakni membuat pesawat harus kembali ke bandara awal saat pemberangkatan. 

Untuk itu, pesawat yang membawa calon jamaah haji kloter 14 Makassar itu kembali dan tiba di Bandara Sultan Hasanudin sekitar pukul 00.30 WITA. Selanjutnya, calo jamaah haji harus menunggu untuk kembali berangkat ke Madinah. 

"Jamaah kloter 14 tersebut sudah diberangkatkan kembali dari Makassar pada pukul 06.00 WITA dengan menggunakan pesawat ex kloter 13," ungkap Ikhsan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement