Pertama Kali Sejak 1997, Pesawat AS Angkut Jamaah Haji

Sabtu , 03 Aug 2019, 08:00 WIB Reporter :Ratna Ajeng Tedjomukti/ Redaktur : Agung Sasongko
muslim amerika
muslim amerika

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Maskapai penerbangan Amerika mendarat di Arab Saudi pekan ini, pertama kali sejak berhenti mengangkut jamaah haji sejak 1997.

 

Dilansir di stepfeed.com, Kamis (1/8) Miami Air mendarat di Bandara Internasional King Abdulaziz pada hari Rabu sore (31/7) setelah perjalanan yang cukup panjang. Pesawat transit di Nova Scotia, Irlandia dan Athena sebelum akhirnya mencapai Jeddah.

Terkait

Penerbangan itu membawa 168 jamaah haji dari negara bagian Ohio. Karena tidak ada satu pun maskapai yang berbasis di AS telah terbang ke Arab Saudi dalam 22 tahun, orang dapat membayangkan seperti apa sambutannya.

Baca Juga

Setelah kedatangan mereka, para jamaah haju disambut oleh beberapa pejabat dari administrasi Bandara Internasional Raja Abdulaziz dan Kementerian Haji dan Umrah. Sambutan dilengkapi dengan pemberian mawar.

Presiden Otoritas Umum untuk Penerbangan Sipil (GACA), Abdulhadi Al Mansouri, mengatakan bahwa mereka menyediakan semua fasilitas yang diperlukan maskapai untuk memastikan kedatangan yang lancar.

"Ini akan berkontribusi untuk memotivasi maskapai penerbangan AS lain untuk memulai kembali penerbangan antara kedua negara," katanya.

Tahun lalu, sekitar dua juta jamaah haji dari seluruh dunia melakukan perjalanan ke Arab Saudi untuk haji salah satu dari lima rukun Islam. Tahun ini, haji dijadwalkan akan dimulai pada 9 Agustus dan berakhir pada 14 Agustus.

Di bawah Visi 2030, Arab Saudi berharap dapat menarik lebih dari 30 juta jamaah umrah dengan layanan kelas atas.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini