Ahad 01 Sep 2019 23:10 WIB

Somalia Pelajari Teknis Penyelenggaraan Haji Indonesia

Indonesia terbuka bertukar informasi pengalaman penyelenggaraan haji dengan Somalia.

Jamaah haji
Foto: Mosa'ab Elshamy/AP
Jamaah haji

IHRAM.CO.ID, oleh Muhammad Hafil dari Makkah

MAKKAH -- Penyelenggara ibadah haji Somalia memuji penyelenggaraan haji yang dilakukan Indonesia. Karena itu, Somalia belajar kepada Indonesia tentang pengelolaan ibadah haji untuk rakyatnya.

Menurut Ketua Misi Haji Somalia, Umar Faruk, Somalia menyatakan keinginannya untuk mencontoh keberhasilan penyelenggaraan haji Indonesia. "Indonesia dengan jumlah jamaah yang sangat besar tapi paling tertib. Sedangkan kami, jamaah Somalia hanya 11.500, tapi belum bisa tertib seperti Indonesia," ujar Umar Faruk saat mengunjungi Kantor Urusan Haji Indonesia di Makkah, Ahad (1/9).

Kepada Kepala PPIH Daerah Kerja Makkah Subhan Cholid yang menyambut kedatangannya, Umar Faruk menyampaikan  keinginan Somalia untuk menjalin kerjasama dengan misi haji Indonesia.

"Kami ingin belajar bagaimana menyusun jadwal, mengatur pengelompokan jamaah, membina jamaah, serta  menyediakan layanan sejak tanah air hingga Arab Saudi," kata Umar Faruk.

Menanggapi hal ini, Subhan Cholid menyampaikan Indonesia amat terbuka untuk melakukan tukar informasi dan pengalaman terkait penyelenggaraan haji dengan negara mana pun, termasuk Somalia. "Kami menyambut baik kedatangan teman-teman Misi Haji Somalia, dan terbuka untuk berbagi pengalaman," ujar Subhan.

Salah satu kunci yang menjadi kekuatan Indonesia dalam penyelenggaraan haji menurut Subhan adalah ketatnya penjadwalan yang dibuat oleh Misi Haji Indonesia. "Kami membuat jadwal dengan detil dan rigid. Dengan jadwal ini, kami kemudian dapat mengatur skenario layanan sepanjang musim haji berlangsung," ungkap Subhan.  

Sebelumnya, apresiasi tentang pengelolaan haji Indonesia disampaikan oleh dua negara. Yaitu, Malaysia dan Turki. Hal tersebut disampaikan dalam pertemuan resmi para petugas haji masing-masing negara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement