Ahad 15 Mar 2020 22:01 WIB

Tak Ada Prosedur Khusus Tes Corona untuk Calon Jamaah Haji

Calon jamaah haji akan menjalani tes corona sesuai prosedur berlaku.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah
Kepala Pusat Kesehatan Haji Kemenkes Eka Jusup Singka(Republika/Prayogi)
Foto: Republika/Prayogi
Kepala Pusat Kesehatan Haji Kemenkes Eka Jusup Singka(Republika/Prayogi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan menyatakan prosuder tes corona sebelum keberangkatan jamaah haji akan disesuaikan dengan sistem kesehatan yang ada. 

"Sudah ada sistem kesehatan dalam penanggulangan Covid-19. Jamaah haji sebagai warganegara masuk dalam sistem tersebut dan juknis serta tata kelolanya berada pada koordinasi Dirjen P2P," kata Kepala Pusat Kesehatan Haji, Eka Jusup Singka, di Jakarta, Ahad (14/3).

Baca Juga

Eka mengatakan dalam menyikapi persoalan penyakit Covid-19 harus lebih teliti dan tepat sasaran. Karena belum ada vaksin yang efektif utk penyakit ini. Pengobatannya pun masih dalam tahapan penelitian. 

"Walaupun penyakit ini self limiting diseases (dapat sembuh sendiri). Tetapi jamaah haji kebanyakan memiliki umur yang lanjut," jelas dia. 

Sehingga merupakan kelompok risti terhadap penyakit ini. Puskes Haji selalu memotivasi jamaah agar dapat meningkatkan pola hidup bersih dan sehat.

"Saat ini pembinaan dan pemeriksaan kesehatan jemaah haji tetap berjalan seperti biasanya untuk antisipasi penyakit akibat virus corona," tutur dia.

Selama ini pusat kesehatan haji telah melakukan penguatan pembinaan atau pembimbingan kesehatan jamaah haji, sesuai dengan Juknis yang ada. Yaitu jamaah haji dianjurkan melakukan senam dan jalan kaki untuk meningkatkan kebugaran.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement