Selasa 10 Nov 2020 05:05 WIB

Kas Masjid Al Falah Sragen Minus Rp 100 Juta, Kok Bisa?

Masjid Raya Al Falah Sragen memegang prinsip melayani jamaah 24 jam.

Rep: Binti Sholikah/ Red: Ani Nursalikah
Kas Masjid Al Falah Sragen Minus Rp 100 Juta, Kok Bisa? Masjid Raya Al Falah Sragen, Jawa Tengah
Foto:

Pada awal penerapan buka 24 jam, takmir masjid membuat aturan mengganti barang jamaah yang hilang di masjid. Saat itu, belum dipasang kamera CCTV. Ternyata ada satu motor jamaah yang hilang. Takmir lantas mengganti dengan uang senilai Rp 8 juta.

Pascakejadian itu, takmir Masjid Al Falah memasang kamera CCTV setelah belajar dari Masjid Daarut Tauhid dan Masjid Az-Zikra di Bogor. Setelah itu, kasus motor jamaah yang hilang bisa ditemukan setelah dilaporkan ke polisi.

Program lainnya, penyediaan minum gratis untuk orang yang datang ke masjid. Awalnya, hanya disediakan air mineral panas dan dingin. Sekarang, disediakan teh selama 24 jam. Ada satu tenaga khusus yang setiap hari membuat teh dan mencuci gelas.

photo
Masjid Raya Al Falah Sragen, Jawa Tengah. - (Republika/binti sholikah)

 

Selain itu, bagi musafir yang bermalam, dulu takmir masjid hanya memfasilitasi tikar. Demi perbaikan pelayanan, takmir membelikan kasur sebanyak enam buah. 

Setelah itu, ada donatur yang menyumbangkan enam buah kasur. Dan dalam waktu dekat akan ada donasi lagi 12 kasur.

Di samping itu, setiap hari terdapat kegiatan rutin di masjid kecuali Sabtu. Setiap Senin-Jumat dilaksanakan kajian malam pukul 20.00-21.00 WIB. 

Selanjutnya, kegiatan TPA setiap Senin, Rabu dan Jumat, serta bimbingan belajar dilaksanakan setiap Selasa dan Kamis. Kemudian, untuk Ahad ada kajian bakda subuh dan pengajian umum Ahad pagi yang pesertanya mencapai 1.500-2.000 orang sebelum pandemi Covid-19. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement