Kamis 26 Nov 2020 07:45 WIB

Kapankah Rekaman Adzan Tertua di Masjidil Haram?

Christiaan Snouck Hurgronje merekam adzan di Masjidil Haram.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Kapankah Rekaman Adzan Tertua di Masjidil Haram?
Foto: saudigazette.
Kapankah Rekaman Adzan Tertua di Masjidil Haram?

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Kumandang adzan tertua di Masjidil Haram telah menjadi catatan sejarah yang sangat bernilai. Adzan tersebut direkam seorang sarjana budaya asal Belanda ratusan tahun lalu.

Seperti dilansir Iqna.ir pada Kamis (26/11), kumandang adzan di Masjidil Haram untuk pertama kalinya direkam sekitar 140 tahun lalu. Ialah seorang sarjana studi oriental Belanda bernama Christiaan Snouck Hurgronje.

Baca Juga

Ia melakukan perekaman adzan pada 1885. Kini rekaman adzan yang asli itu tersimpan di Universitas Leiden, Belanda. Meski demikian tidak diketahui siapa muadzin pemilik suara merdu dalam rekaman Hurgronje.

Snouck Hurgronje (1857-1936) adalah seorang sarjana Belanda budaya dan bahasa Oriental. Ia juga menjabat sebagai Penasihat Urusan Pribumi untuk pemerintah kolonial Hindia Belanda (sekarang Indonesia).

 

Snouck Hurgronje sangat fasih berbahasa Arab. Melalui mediasi dengan gubernur Ottoman di Jeddah hingga pemeriksaan oleh delegasi ulama dari Makkah pada tahun 1884, ia pun diperbolehkan berziarah ke kota suci Makkah pada 1885.

Dengan begitu, ia pun tercatat sebagai sarjana Barat pertama yang memasuki Makkah. Ia melakukan penelitian hingga kemudian menulis tesis PhD-nya tentang status haji dalam Islam dan pentingnya haji di kalangan umat Islam. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement