Ahad 03 Jan 2021 08:48 WIB

Drone Kapal Selam China Kembali di Temukan Nelayan Indonesia

Nelayan di Selayar temukan drone kapal selam China Aktif

'Drone' Kapal Selam China Seawing yang dicurigai ditemukan oleh seorang nelayan Selayaran dan kemudian diserahkan kepada petugas keamanan di angkatan laut Indonesia.
Foto:

Varian lain dari Sea Wing UUV ditemukan oleh nelayan Indonesia pada Maret 2019 di Kepulauan Riau yang lebih dekat ke Laut Cina Selatan, dan satu lagi pada Januari tahun ini di Jawa Timur.

Pada Desember 2016, sebuah kapal angkatan laut China menemukan dan menyita drone bawah air AS di perairan internasional dekat garis pantainya yang sedang dalam proses pemulihan oleh Angkatan Laut AS.

"Kapal angkatan laut China ASR-510, sebuah kapal kelas Dalang III, mendekati dalam jarak 500 yard dari [kapal AS] Bowditch, meluncurkan sebuah kapal kecil, dan menyita UUV," kata Pentagon dalam sebuah pernyataan pada saat itu.

Image

Keterangan foto: Prajurit TNI memeriksa 'Drone' kapal selam aktif yang ditemukan seorang nelayan Selayar.

UUV hanya dikembalikan setelah insiden meningkat. Mekanis non-listrik dan konsumsi energi yang rendah berarti drone dapat digunakan selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun, menurut media pemerintah China.

Sebuah laporan mengatakan UUV telah diuji dan digunakan di Laut China Timur, Laut China Selatan, Samudra Hindia, dan Samudra Pasifik.

Sea Wings telah menghabiskan lebih dari 6.400 hari di laut, mengamati lebih dari 160.000 km dan mencapai kedalaman 7.076 meter di palung Mariana. Pada Februari 2020, kementerian sumber daya alam China mengatakan China telah mengerahkan 12 UUV Sea Wing di Samudra Hindia untuk penelitian ilmiah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement