Rabu 06 Jan 2021 07:09 WIB

Tim Safari Al-Ahsa Kenalkan Alam Liar Arab Saudi

Tim Safari Al-Ahsa Kenalkan Alam Liar di Arab Saudi.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
Tim Safari Al-Ahsa Kenalkan Alam Liar Arab Saudi
Foto: Arab News
Tim Safari Al-Ahsa Kenalkan Alam Liar Arab Saudi

IHRAM.CO.ID,JEDDAH -- Ada lebih dari 300 paket wisata yang ditawarkan Arab Saudi dan menampilkan perjalanan safari. Paket wisata ini merupakan bagian dari kampanye Musim Dingin Saudi.

Kampanye pariwisata di musim dingin ini akan berlanjut hingga akhir Maret. Dengan slogan "Musim Dingin Ada di Sekitar Anda", paket-paket yang tersedia bisa dilihat melalui situs web maupun aplikasi Visit Saudi. Paket wisata itu disediakan oleh lebih dari 200 agen pariwisata.

Baca Juga

Dengan 100 anggota, tim Safari Al-Ahsa akan mempromosikan pariwisata di Provinsi Timur. Tim ini berfokus pada pengalaman di gurun, menjelajahi warisan dan monumen kawasan, serta memperkenalkan berbagai atraksi alam dan iklim yang beragam.

Ketua tim Safari Al-Ahsa, Yasser Al-Sari, mengatakan salah satu yang menarik adalah Danau Al-Asfar. Danau ini terletak di jantung gurun dan panjangnya sekitar 25 km.

“Danau itu dikelilingi area hijau yang luas, dengan pohon palem yang terlihat dari kejauhan. Kawasan ini menarik banyak spesies burung yang bermigrasi di musim dingin dan musim panas. Ini juga menarik ribuan wisatawan dari dalam dan luar Kerajaan,” katanya dilansir di Arab News, Rabu (6/1).

Menyusul peluncuran kampanye musim dingin Saudi, tim Safari Al-Ahsa telah menerima hingga lima permintaan setiap minggu, untuk mengatur perjalanan safari liar. Waktu perjalanan berkisar dari eksplorasi setengah hari hingga berkemah semalam.

Al-Sari lantas mengatakan cuaca yang lebih dingin membuat pengalaman wisata itu menjadi lebih khas. Pelancong bisa menikmati wisata kunjungan ke situs alam dan arkeologi, termasuk Danau Al-Asfar, Gurun Al-Fanajeel, Gurun Samman, Hozoum Al-Shouaib, Jabal Al-Arba'a, Dataran Tinggi Al-Bassal dan The Empty Quarter.

Perjalanan safari juga menawarkan pengalaman yang menyenangkan dan kesempatan untuk menjelajahi landmark Al-Ahsa. Pilihan ini sangat menarik bagi wisatawan domestik.

Harga paket wisata yang disediakan pun bervariasi. Hal ini karena disesuaikan dengan layanan yang disediakan, termasuk transportasi, kamp gurun (secara lokal dikenal sebagai "kashta"), menunggang kuda dan unta, panahan, ski pasir, paralayang dan ekspedisi fotografi kendaraan roda empat ke bukit pasir.

Operator perjalanan Safari berkomitmen untuk melaksanakan semua tindakan pencegahan yang diadopsi oleh Kementerian Pariwisata berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan dan otoritas terkait. Komitmen ini penting untuk memastikan keselamatan pekerja dan peserta, serta untuk menekan penyebaran penyakit virus Covid-19.

Al-Ahsa secara luas dianggap memiliki lahan terhijau dan paling subur di Provinsi Timur Arab Saudi. Tak hanya itu, wilayah ini sekaligus menjadi rumah bagi situs arkeologi dan sejarah terkemuka.

Pada 2015, kota ini menjadi kota Teluk pertama yang dimasukkan dalam Jaringan Kota Kreatif UNESCO di bidang kerajinan dan kesenian rakyat.

Jaringan tersebut menyatukan 180 kota dari 72 negara, untuk menempatkan kreativitas dan industri budaya di jantung rencana pembangunan mereka di tingkat lokal. Tak hanya itu, diharap mereka dapat bekerja sama secara aktif di tingkat internasional.

Pencapaian kedua adalah penunjukan UNESCO atas Al-Ahsa sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 2018, dan menjadi situs Saudi yang kelima. Apalagi, Al-Ahsa terpilih sebagai Ibukota Pariwisata Arab tahun 2019 oleh Dewan Kementerian Pariwisata Arab.

Banyak wilayah Saudi kaya akan lingkungan alam yang beragam yang menawarkan perjalanan safari yang unik kepada wisatawan selama musim dingin. Diluncurkan oleh Otoritas Pariwisata Saudi di lebih dari 17 tujuan di Kerajaan, kampanye musim dingin Saudi berusaha untuk menjelaskan daerah-daerah ini untuk menarik wisatawan selama liburan pertengahan tahun Hijriah. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement