Jumat 08 Jan 2021 12:32 WIB

Apa Bedanya Natal Koptik Yang Dirayakan Pada 7 Januari?

Natal Koptik dirayakan pada 7 Januari?

Paus Tawadros II dari Alexandria memimpin misa di Katedral Kelahiran Kristus pada 6 Januari 2020
Foto:

Bagaimana Natal Koptik dirayakan?

Malam sebelum hari Natal Koptik, kebaktian gereja akan berlangsung yang biasanya berlangsung hingga tengah malam. Setelah kebaktian, orang-orang berbagi jenis roti tertentu yang disebut “qurban”, persembahan. Roti itu ditandai dengan 12 titik, melambangkan 12 rasul Kristus.

Imam akan memilih salah satu dari dua kurban untuk mewakili persembahan, melambangkan tubuh Kristus, yang dibagikan selama Komuni menjelang akhir kebaktian.

Kurban lainnya akan dibagikan kepada jemaah usai ibadah sebagai bentuk berkah.

Coptic Christmas bread

Keterangan foto: Roti Natal Koptik Roti dibagikan di akhir kebaktian untuk mewakili Tubuh Kristus (AFP).

Paus Tawadros II, Paus saat ini dari Gereja Ortodoks Koptik Alexandria, Mesir, mencatat pesan spiritual tahunan terkait dengan Pesta Kelahiran. Ini disiarkan di televisi dan ditonton di gereja-gereja Ortodoks Koptik di seluruh dunia.

Puasa dianggap lengkap setelah kebaktian dan jamaah berbagi pesta komunal "agape", sebuah istilah yang berasal dari salah satu kata Yunani untuk "cinta".

Ini adalah waktu untuk merayakan dengan keluarga dan teman-teman dan akhirnya makan makanan yang telah mereka pantang selama lebih dari sebulan, dengan hidangan yang berpusat di sekitar daging, telur dan susu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement