Jumat 29 Jan 2021 07:59 WIB

Nabi Muhammad Bedakan Cara Minum Zamzam dengan Orang Munafik

Cara minum air zamzam dengan orang munafik dibedakan Nabi Muhammad.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil
Nabi Muhammad Bedakan Cara Minum Zamzam dengan Orang Munafik. Foto:  Sejumlah jamaah haji meminum air zamzam di Masjid Nabawi, Madinah, Sabtu (27/7). Sebagian jamaah membawa air zamzam ke pemondokannya untuk diminum di kamar.
Foto: Republika/Syahruddin El-Fikri
Nabi Muhammad Bedakan Cara Minum Zamzam dengan Orang Munafik. Foto: Sejumlah jamaah haji meminum air zamzam di Masjid Nabawi, Madinah, Sabtu (27/7). Sebagian jamaah membawa air zamzam ke pemondokannya untuk diminum di kamar.

IHRAM.CO.ID,JAKARTA--Sebelum pembebasan Makkah (fathu Makkah), Makkah bebas dikunjungi orang-orang musyrik. Mereka orang musyrik juga thawaf dan minum air zamzam untuk mendapatkan keutamaannya yang menyembuhkan berbagai penyakit.

Rasulullah bersabda bahwa perbedaan antara orang Islam dan orang munafik adalah bahwa mereka minum air zamzam tidak sampai kenyang (sedikit saja). Dalam hadits yang lain disebutkan bahwa Rasulullah SAW suatu ketika memerintahkan supaya menimba air zamzam satu timbah penuh, telah diangkat, timba itu ditaruh di pinggir sumur, kemudian Rasulullah sambil mengucapka "Bismillah" sambil memegangi timba itu dengan tangannya lalu meminumnya lama sekali kemudian bersabda "Alhamdulillah." 

Baca Juga

Kemudian berkata lagi "Bismillah" dan meminumnya kembali, setelah itu berkata "Alhamdulillah," kemudian bersabda. 

"Perbedaan antara kita dan orang-orang munafik adalah mereka tidak sampai kenyang minum air zamzam sedikit minum." 

Dalam sebuah hadits Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda. "Sholat lah di sajadah orang-orang saleh dan minumlah air dari air orang-orang salih."

Para sahabat RA. bertanya  "Apakah yang dimaksud sajadah orang-orang shalih?"

Rasulullah bersabda  "Tempat di bawah telaga emas (Mizab Rahmat) kemudian para sahabat bertanya apakah air orang-orang saleh itu?" Rasulullah menjawab zamzam.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement