Rabu 17 Feb 2021 23:42 WIB

PBB: Serangan Houthi di Marib Ancam Nasib Pengungsi

Serangan milisi Houthi Yaman untuk merebut kota Marib ancam ratusan ribu pengungsi

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Esthi Maharani
Kelompok pemberontak Houthi Yaman
Foto:

Menteri Informasi Yaman mengatakan serangan Houthi dalam beberapa hari terakhir telah menghantam kamp-kamp pengungsi internal (IDP) yang menyebabkan orang-orang melarikan diri. Direktur Unit Manajemen Kamp Pengungsian Pemerintah, Najeeb al-Saadi menjelaskan kepada Reuters, Houthi menyerang empat kamp di timur kota Marib pada Senin lalu sehingga dua lokasi dievakuasi total.

Penduduk di kota Marib yang terletak di sebelah timur ibu kota yang dikuasai Houthi, Sanaa, menyebut pada Selasa, mereka telah mendengar suara ledakan yang lebih kuat pada malam hari.

Dilansir Al Arabiya, Rabu (17/2), wilayah Yaman terbagi menjadi dua, yaitu wilayah yang diakui pemerintah dan internasional di selatan dan wilayah yang dikuasi milisi Houthi di utara. Houthi menggulingkan pemerintah di ibu kota Sanaa pada akhir 2014.

Garis depan Yaman sebagian besar berada di jalan buntu selama bertahun-tahun. Selain itu, kota Marib merupakan garis pertahanan terakhir. Organisasi Internasional PBB untuk Migrasi (IOM) mengatakan 106.449 orang telah mengungsi akibat pertempuran di sepanjang garis depan Marib selama setahun. Mereka memperingatkan tambahan 385.000 orang dapat mengungsi da nada 125 lokasi pengungsian di sekitar Marib.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement