India Larang Peziarah Sikh Mengunjungi Pakistan

Jumat , 19 Feb 2021, 03:05 WIB Reporter :Mabruroh/ Redaktur : Ani Nursalikah
India Larang Peziarah Sikh Mengunjungi Pakistan. Sukarelawan Sikh membuat chapati di New Delhi, India.
India Larang Peziarah Sikh Mengunjungi Pakistan. Sukarelawan Sikh membuat chapati di New Delhi, India.

IHRAM.CO.ID, NEW DELHI -- Otoritas India melarang kelompok peziarah sikh melakukan kunjungan ziarah ke Pakistan. Menurut Kementerian Dalam Negeri (MHA) India, situasi keamanan dan pandemi virus corona di Pakistan menyebabkan ziarah tersebut harus dilarang.

 

Terkait

Dalam surat kepada badan pengelola tempat ibadah Sikh di India, Komite Shiromani Gurdwara Parbandhak (SGPC), MHA mengatakan situasi keamanan di Pakistan sedang memburuk dan bisa menjadi ancaman bagi warga India. Ada sekitar 600 peziarah Sikh yang hendak mengunjungi Pakistan.

Baca Juga

Lalu lintas di perbatasan internasional India-Pakistan telah ditangguhkan sejak Maret 2020, sejak pandemi Covid-19 mulai menyerang di banyak negara. Di Pakistan sendiri, sejauh ini mencatat lebih dari setengah juta kasus dengan 10 ribu kasus kematian karena Covid-19.

"Mengingat kapasitas infrastruktur kesehatan, tidak disarankan bagi sekelompok besar warga kami mengunjungi Pakistan selama seminggu di masa pandemi ini," tulis kementerian dalam negeri, dilansir di Anadolu Agency, Kamis (16/2).

Peziarah Sikh berencana mengunjungi Pakistan pada Jumat (19/2) besok untuk perjalanan selama satu minggu. SGPC menyelenggarakan kamp pengujian Covid-19 khusus untuk para peziarah yang mengunjungi Pakistan, yang akan berakhir pada Rabu. Laporan penyaringan Covid-19 wajib bagi mereka yang bepergian ke Pakistan.

 

Link artikel asli

sumber : Anadolu Agency
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini