Rabu 03 Mar 2021 18:00 WIB

KJRI: Arab Saudi Terus Lakukan Persiapan Haji

Arab Saudi belum mengumumkan kepastian pelaksanaan ibadah haji 2021.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
KJRI: Arab Saudi Terus Lakukan Persiapan Haji
Foto:

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Saudi Tawfiq Al-Rabiah menegaskan petugas kesehatan yang akan bertugas pada musim haji 2021 wajib mendapatkan vaksin Covid-19. "Anda (petugas kesehatan) harus mempersiapkan sejak dini mengamankan tenaga yang dibutuhkan untuk mengoperasikan fasilitas kesehatan di Makkah dan Madinah, serta pintu masuk jamaah haji untuk musim haji 2021," katanya dalam surat edaran resmi dilansir di Arab News, Rabu (3/3).

Ia lantas menyebut panitia vaksinasi harus dibentuk untuk musim haji dan umrah, di mana mereka mengadopsi aturan wajib vaksin Covid-19 untuk petugas kesehatan yang berpartisipasi. Juru bicara Kementerian Kesehatan Mohammed Al-Abd Al-Aly dalam konferensi pers sebelumnya mengatakan karantina tidak diperlukan bagi seseorang yang melakukan kontak dengan orang lainnya, yang telah divaksinasi.

“Siapa pun yang menerima vaksin dan dinyatakan lulus dalam waktu dua hingga tiga minggu setelah menyelesaikan vaksinasi, tidak diharuskan untuk karantina setelah bersentuhan dengan orang yang terinfeksi," katanya.

 

Ia lantas menyebut kurva epidemi infeksi Covid-19 sedang melalui fase berfluktuasi. Ia menambahkan, pihak berwenang sedang mengawasi pergerakan penyebaran virus tersebut dengan cermat. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement