Senin 15 Mar 2021 14:58 WIB

Vaksinasi untuk Calon Jemaah Haji Ditargetkan Selesai Mei

Pemberian vaksinasi bagi jamaah haji akan tetap berdasarkan skema nasional

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Esthi Maharani
 Sejumlah calon jamaah haji  mengelilingi Ka
Foto:

Untuk diketahui sejak program vaksinasi diluncurkan oleh Presiden Jokowi pada Januari lalu sebanyak 1,4 juta tenaga kesehatan telah dialkukan vaksinasi. Sedangkan di tahap kedua ini sebanyak 17,4 juta petugas pelayanan publik dan 21,5 juta lansia masih dalam proses vaksinasi yang ditargetkan selesai pada April 2021 mendatang.

"Karena pemberian (vaksinasi) dua kali maka kita prediksi pada bulan April 2021 seluruh jemaah haji yang lansia yang sudah melunasi biaya perjalanan haji Insya Allah telah menerima vaksinasi secara lengkap. Karena memang skema yang kedua ini termasuk yang 21,5 juta itu adalah para lansia. Jadi saya yakin ter-record bahwa jemaah haji yang lansia pun termasuk di dalam kelompok ini," ucapnya.

Sementara untuk mereka yang bukan kelompok usia lansia akan masuk pada kelompok rentan yang ditargekan baru akan dimulai pada April dan selesai di bulan Mei 2021. Kemudian, Oscar juga memastikan data penerima vaksinasi covid-19 untuk jamaah haji tidak akan terduplikasi. Kemenkes melaksanakan pencatatan berbasis kepada nomor induk kependudukan (NIK) bekerjasama dengan dirjen dukcapil di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Jadi kami sudah mendata ini yang dikategorikan ASN, para pedagang, kemudian dan seterusnya dengan kelompok-kelompok profesinya sudah kita catat dengan baik insya Allah tidak akan terjadi duplikasi, ganda karena kita merujuk kepada nomor induk kependudukan tadi single Identity," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement