Ahad 18 Apr 2021 12:16 WIB

Melacak Jejak Sejarah Masjid Cipaganti Bandung

Masjid Cipaganti mengusung perpaduan konsep Eropa dan Jawa.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Ani Nursalikah
Melacak Jejak Sejarah Masjid Cipaganti Bandung. Masjid Cipaganti yang berdiri pada 1933 di Jalan Cipaganti, Kota Bandung menjadi salah satu bangunan cagar budaya yang masih berfungsi dengan baik sebagai tempat ibadah.
Foto:

Seiring perjalanan waktu, wisatawan asal Malaysia, Brunei Darussalam, dan Arab Saudi yang berkunjung ke Bandung sering datang ke Masjid Cipaganti untuk sholat. Zaenal mengatakan tiap Ramadhan berbagai kegiatan keagamaan banyak dilaksanakan. Namun, karena pandemi Covid-19, pada 2020, kegiatan bulan puasa Ramadhan sempat dihentikan dan mulai kembali berjalan tahun ini.

"Ramadhan kemarin (2020) tidak ada kegiatan dan baru sekarang ada kegiatan mengikuti protokol kesehatan dan meminta izin ke pemda. Kegiatan Ramadhan disamping kegiatan rutin seperti tarawih, tadarus berjamaah, kajian setelah ashar, tafsir dan fiqih, buka bersama takjil dan sesekali ada makan berat," katanya.

 

Ia menuturkan, jumlah jamaah yang akan melaksanakan sholat dibatasi menerapkan protokol kesehatan. Beberapa tradisi yang biasa dilakukan di Masjid Cipaganti, seperti perayaan tahun baru hijriah dengan pawai obor dan ngadulag (seni menabuh bedug).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement