Sabtu 24 Apr 2021 02:56 WIB

Ada Tujuh Gunung yang Mengelilingi Kota Suci Makkah

Ada tujuh gunung berbeda yang mengelilingi kota suci Makkah

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Agung Sasongko
kota suci Makkah
Foto:

Landmark 

Pegunungan Abu Qubays, Khandama, Al-Sayeda, Jabal Omar, dan Quaiqian adalah landmark dengan sejarah panjang.  Seiring berjalannya waktu, banyaknya rumah dan permukiman kumuh yang menutupi lerengnya menjadi masalah bagi perencana pembangunan di wilayah tersebut. 

Pelestarian identitas kota menjadi proyek berkelanjutan untuk pengembangan kota di masa depan. Ketua Komite Real Estat di Kamar Dagang dan Industri Makkah, Anas Saleh Serafi mengatakan proses pembangunan di pegunungan yang mengelilingi Masjid Al Haram penting untuk mengakomodasi peningkatan jumlah umat Islam yang mengunjungi situs tersebut.

Serafi mengatakan bahwa Jabal Hindi, sebelah Utara Masjidil Haram, adalah yang pertama dibangun, di mana proyek “Teras Utara” dilaksanakan untuk memfasilitasi pendakian di lerengnya. Sekaligus melestarikannya dan mengembangkan bangunan di atasnya. 

Hal yang sama berlaku untuk Jabal Omar, yang terletak 600 meter di Utara masjid, dan termasuk pasar kecil dan sebagian lingkungan Al Misfalah.  Dia menambahkan bahwa batu-batu dipotong untuk memungkinkan perluasan Masjid Al Haram dan untuk memudahkan akses pengunjung ke tempat-tempat suci. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement