Ahad 25 Apr 2021 12:14 WIB

Peran Vital Muslim Mississippi Memunculkan Penolakan Masjid

Kesemarakan Islam di Mississippi dan penolakan pendirian masjid.

Aktivitas Muslim di Mississippi di tempat terbuka.
Foto:

Di wilayah Jackson, Selatan berdiri Masjid Omar, terletak di selatan kota di 2533 Old McDowell Rd., Jackson. Masjid ini dikelola oleh Asosiasi Muslim Mississippi.

Fasilitas itu dibeli dan diadopsi sebagai masjid pada tahun 1991 dan luas tanahnya sekitar tiga hektar. Fasilitas baru dibangun pada tahun 2006 untuk mengakomodasi kebutuhan dan pertumbuhan komunitas Muslim.

Kapasitas mushola itu sekitar 300 orang. Fasilitas ini juga termasuk Sekolah Muslim untuk anak-anak.

Di Jackson, Utara berdiri Masjid Muhammad, terletak di utara kota di 6100 Flora Dr., Jackson. Fasilitas itu dibeli dan diadopsi sebagai masjid pada tahun 1998 dan luas tanahnya sekitar sembilan hektar. Kapasitas mushola sekitar 100 orang. Fasilitas ini juga mencakup 1 are yang didedikasikan sebagai pemakaman Muslim.

Di wilayah Madison berdiri Magnolia Islamic Center yang  terletak di pinggiran utara ibu kota negara bagian Jackson. Fasilitas ini  dikelola oleh Asosiasi Muslim Mississippi. Sebidang tanah seluas lima hektar dibeli pada tahun 2010 dan bangunan 10.000 kaki persegi selesai dan diresmikan pada tahun 2012 dengan kapasitas 900 orang. Fasilitas tersebut juga termasuk Sekolah  untuk anak-anak.

Di Meridian ada masjid yang dikelola Muslim Association of Mississippi and Alabama. Fasilitas bangunan ini telah diadopsi sebagai masjid pada tahun 2000. Kapasitas ruang salat sekitar 40 orang.

Di wilayah Oxford ada Oxford Muslim Society berlokasi di McElroy Dr., Oxford, MS 38655. Masjid di sini dibangun pada tahun 1999. Luas tanahnya sekitar dua hektar. Kapasitas mushola sekitar 100 orang.

Di Starkville ada lembaga Islamic Center of Mississippi, terletak di 204 Herbert St., Starkville. Di sana ada masjid yang dibangun pada tahun 1998. Kapasitasnya  mampu menampung sekitar 200 orang jamaah. Fasilitas ini juga termasuk Sekolah  Muslim untuk anak-anak.

Di wilayah Sumral ada Masjid Al-Halim terletak di 8 Al-Halim Rd., Sumrall. Masjid ini juga disebut sebagai New Medina dan didirikan sebagai kota Muslim pada tahun 1987.

Hebatnya, lus lahan tanah Masjid Al-Halim sangat luas sekitar 64 hektar dan mencakup sekitar sepuluh rumah, serta kuburan Muslim seluas 1 hektar, dan sekolah  berasrama yang terletak di mesjid. Masjid ini dibangun pada tahun 1993. Kapasitas mushola sekitar 100 orang.

Di wilayah Vicksburg di sana ada masjid yang dikelola  Islamic Center of Vicksburg. Masjid ini bernama Wali Aziz, terletak di 6705 Paxton Rd, Vicksburg. Masjid  dibangun pada tahun 2003. Luas tanahnya sekitar 3 hektar. Kapasitas mushola sekitar 100 orang.

Selain berbagai masjid dan mushola itu, di Misisipi ternyata ada fasilitas lain yang digunakan sebagian Muslim di berbagai kota di seluruh negara bagian untuk sholat dan berkumpul. Tempat itu adalah berupa  ruang sewaan atau kamar di fasilitas tertentu dan oleh karena itu dapat berubah sewaktu-waktu.

Di universitas-universitas di seluruh negara bagian tersebut, mahasiswa Muslim mengembangkan Muslim Student Association (MSA). Kelompok ini didirikan dengan tujuan untuk meningkatkan keterlibatan dan partisipasi mahasiswa Muslim dalam kegiatan Islam di kampus dan komunitas serta untuk meningkatkan dan meningkatkan kegiatan pendidikan yang ditujukan kepada populasi non-Muslim.

Selain itu kelompok ini juga bertujuan d untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman yang lebih baik tentang keyakinan Islam di universitas mereka. MSA berafiliasi dengan MSA  dan berlokasi di Jackson State University di Jackson, University of Mississippi di Oxford, Mississippi State University di Starkville, dan University of Southern Mississippi di Hattiesburg.

Bahkan, khusus untuk wilayah  Jackson juga telah dijadian rumah bagi Museum Internasional Kebudayaan Muslim yang didedikasikan untuk mendidik masyarakat tentang Sejarah dan Kebudayaan Islam dan merupakan satu-satunya museum di Amerika Serikat. Museum ini telah dibuka untuk umum pada tahun 2001 dan telah pindah pada tahun 2006 ke lokasi saat ini di Pusat Seni Mississippi di 201 East Pascagoula St., MS 39201. Museum ini menerima sekitar 10.000 pengunjung per tahun.

Jumlah Muslim di Negara Bagian Mississippi dapat diperkirakan mencapai 5.000 orang, yang didistribusikan sebagai berikut: 2.000 tinggal di Jackson Area, 1.000 di daerah Hattiesburg, 1.000 di Pantai Teluk dan 1.000 tersebar di seluruh Negara Bagian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement