Senin 24 May 2021 01:20 WIB

Secangkir Kopi dan Sejarah Masa Lalu di Al-Balad Jeddah

Banyak rumah di wilayah ini telah berdiri sejak 200 hingga 300 tahun lalu.

Rep: Puti Almas/ Red: Ani Nursalikah
Secangkir Kopi dan Sejarah Masa Lalu di Al-Balad Jeddah. Warga Arab Saudi menikmati kafe di kawasan Al Balad, Jeddah, Arab Saudi yang bersejarah.
Foto: Arab News/Huda Bashatah
Secangkir Kopi dan Sejarah Masa Lalu di Al-Balad Jeddah. Warga Arab Saudi menikmati kafe di kawasan Al Balad, Jeddah, Arab Saudi yang bersejarah.

IHRAM.CO.ID, JEDDAH -- Ada satu hal menarik yang bisa ditemukan di Jeddah, Arab Saudi. Terdapat sebuah titik pertemuan yang dikenal membuat orang-orang dapat menemukan kesamaan antara generasi masa lalu dan masa depan sambil menikmati secangkir kopi. 

Dilansir Arab News, titik pertemuan ini berada di Al-Balad, sebuah pusat kota tua di Jeddah. Banyak rumah di wilayah ini telah berdiri sejak 200 hingga 300 tahun lalu. 

Baca Juga

Bahkan, setelah bertahun-tahun melakukan ekspansi dan modernisasi di Jeddah, penduduk masih menikmati kebersamaan dengan tetangga, teman, dan orang asing saat mereka duduk di salah satu dari banyak kedai kopi yang tersebar di seluruh kota, termasuk Al-Balad. Bakr Swaimen Bazhair adalah salah satu warga yang menikmati kopi di kafe Layali Tarikhiya atau Historical Nights.

“Kami datang ke sini sebagai anak-anak, sekarang kami datang ke sini sendiri, dan di masa depan saya berencana datang ke sini bersama anak-anak saya,” ujar Bazhair. 

 

Bazhair mengatakan sebagai anak muda, ia mengunjungi Al-Balad setiap tahun selama Ramadhan untuk menghargai keindahan area pusat kota ini. Bahkan, pria berusia 28 tahun ini mengungkapkan sekalipun modernisasi tengah dilakukan, kunjungan semacam itu akan selalu dirindukan. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement