Rabu 26 May 2021 22:03 WIB

AS dan Mesir Bahas Gencatan Senjata Palestina-Israel

Mesir memiliki hubungan lama dengan kedua belah pihak yang berkonflik.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas (kanan) dan Menlu AS Antony Blinken dalam konferensi pers di Ramallah, Selasa (25/5).
Foto: EPA/Majdi Mohammed
Presiden Palestina Mahmoud Abbas (kanan) dan Menlu AS Antony Blinken dalam konferensi pers di Ramallah, Selasa (25/5).

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken bertemu Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi serta sejumlah pejabat tingginya, Rabu (25/5). Pertemuan tersebut membahas upaya mempertahankan gencatan senjata yang mengakhiri pertempuran terburuk dalam beberapa tahun antara Israel dan Palestina.

Mesir memiliki hubungan lama dengan kedua belah pihak yang berkonflik dan memainkan peran kunci dalam menengahi gencatan senjata Gaza setelah 11 hari kekerasan, dalam koordinasi dengan AS.Blinken mengatakan bahwa AS dan Mesir bekerja sama untuk mendukung Israel dan Palestina hidup dalam keselamatan dan keamanan.

Baca Juga

"Dan kami telah memiliki mitra yang nyata dan efektif di Mesir dalam menangani kekerasan, dan mengakhirinya, (dalam waktu) relatif cepat. Dan sekarang, bekerja sama secara erat membangun sesuatu yang positif," kata Blinken kepada staf kedutaan AS di Kairo, di sela-sela kunjungan singkatnya di Mesir.

Dalam agenda turnya ke Timur Tengah termasuk ke Mesir, Blinken bertemu dengan Presiden Abdel Fattah al-Sisi, Menteri Luar Negeri Sameh Shoukry, dan Kepala Intelijen Abbas Kamel di Istana Kepresidenan Mesir.Blinken tiba di Mesir setelah mengunjungi Yerusalem dan Ramallah, dan setelahnya ia juga akan pergi ke Yordania.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement