Empat Tujuan Strategis KUA Menurut Menag

Senin , 31 May 2021, 17:00 WIB Redaktur : Agung Sasongko
Pelaksanaan nikah di Kantor Urusan Agama (KUA).
Pelaksanaan nikah di Kantor Urusan Agama (KUA).

Sebelumnya, Kementerian Agama meresmikan enam KUA sebagai proyek percontohan revitalisasi KUA. keenam KUA itu yakni KUA Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara, KUA Kecamatan Ciawi Gebang, KUA Kecamatan Sewon Bantul, KUA Kecamatan Sidoarjo, KUA Kecamatan Gunung Sugih Lampung, dan KUA Kecamatan Biringkanaya Makassar.

 

Terkait

Pada 2021 ini, total ada 100 KUA yang menjadi target revitalisasi. Program prioritas Kemenag ini akan dilanjutkan pada 2022 dengan menyasar 1.000 KUA dan pada 2024 mendatang revitalisasi diharapkan tuntas seluruhnya dengan menyasar 5.945 lokasi.

Menurut Menag, peran KUA sangat strategis dalam merawat kerukunan umat beragama. Layanan unit kerja ini bersentuhan langsung dengan masyarakat akar rumput. Sehingga, ia ingin merepresentasikan bahwa wajah KUA adalah wajah Kementerian Agama yang mengakomodir semua agama di Indonesia.

"Saya menginginkan KUA tidak lagi dikenal sebagai kantor yang hanya melayani urusan pernikahan, tapi juga pelayanan semua aspek kehidupan keagamaan masyarakat," kata dia.