Selasa 22 Jun 2021 23:03 WIB

Teguran untuk Nabi yang Diungkap Surat 'Abasa

Abasa merupakan surat ke-80 dalam Alquran yang terdiri dari 42 ayat .

Alquran
Foto:

Allah mengingatkan Rasulullah dengan menguji, masih adakah sifat yang tidak baik dalam hatinya sebagai manusia panutan umat Islam sedunia. Sudah seharusnya saat kita sebagai hamba biasa yang menyebut dirinya. beriman pasti akan mendapat ujian. Sebab di situlah Allah mengetahui apakah kita benarbenar sabar saat ditempa ujian dan teguh dalam iman atau hanya sekadar mengaku-ngaku saja (self claimed).

Urusan manusia bukan hanya ritual, tapi juga akhlak yang jauh lebih penting. Kita bisa saja rajin shalat, puasa, sedekah, namun jika kita berbuat jahat, merendahkan orang lain, mudah menyakiti teman, semua ritual-ritual tersebut tidak berarti di hadapan Allah.

“Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik.”

(Ali Imran: 110)

Melalui Rasulullah, Allah menyampaikan bahwa muslim tidak boleh berwajah dua. Kita akan diuji di depan keluarga, tetangga, teman kerja, bahkan saat tidak ada satu pun orang melihatnya. Allah sendiri yang agar menegur agar kita kembali kepada kebenaran.

(Bersambung)

 

DR. Amir Faishol Fath, MA

Pakar Tafsir Qur'an

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement