Jumat 02 Jul 2021 14:59 WIB

Unicef: Sepertiga Anak Lebanon Kelaparan

Lebih dari 30 persen anak-anak tidur dalam kondisi lapar.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
 Unicef: Sepertiga Anak Lebanon Kelaparan. Anak-anak mencari barang berharga di tempat sampah di samping pasar di Beirut, Lebanon, Senin, 12 April 2021.
Foto:

Uang tersebut untuk membantu lebih dari 500 ribu keluarga memenuhi kebutuhan mereka. Tetapi masih belum jelas dari mana dana untuk program itu akan berasal, dengan pemerintah menjajaki beberapa opsi termasuk meminta dana dari IMF.

IMF memberi tahu pemerintah Lebanon minggu ini mereka sedang mempertimbangkan mengalokasikan 900 juta dolar AS ke Lebanon pada Agustus. Paket baru ini ditujukan untuk melengkapi program jaring pengaman sosial senilai 246 juta dolar AS yang belum dicairkan oleh Bank Dunia sambil menunggu negosiasi dengan pemerintah.

"Tindakan bersama yang teguh sangat penting untuk mengurangi penderitaan, terutama di antara mereka yang paling rentan, yang terjebak dalam spiral kemiskinan," ujar Mokuo.

Ledakan besar di pelabuhan Beirut Agustus lalu telah menyebabkan Lebanon berada dalam keterpurukan. Di tambah dengan pandemi Covid-19 membuat negara itu jatuh dalam kemiskinan.

Ledakan itu menewaskan lebih dari 200 orang dan menghancurkan ribuan properti di seluruh ibu kota, meninggalkan Lebanon tanpa kabinet yang berfungsi penuh. Unicef ​​mengatakan sedang memperluas programnya dengan dukungan komunitas donor untuk membantu lebih banyak anak dan keluarga.

"Kesejahteraan dan perlindungan anak harus menjadi prioritas utama untuk memastikan hak-hak mereka terpenuhi dalam keadaan apa pun. Lebanon tidak mampu memberi anak-anak yang kekurangan gizi, putus sekolah, kesehatan yang buruk dan berisiko mengalami pelecehan, kekerasan dan eksploitasi. Anak-anak adalah investasi, investasi utama, di masa depan bangsa,” kata Mokuo.

https://www.thenationalnews.com/mena/2021/07/01/unicef-says-a-third-of-lebanons-children-are-skipping-meals/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement