Kamis 15 Jul 2021 11:06 WIB

Menelusuri Sejarah Bahasa Gelar Al-Masih Nabi Isa

Nabi Isa As dikenal dengan nama gelarnya Al-Masih.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Agung Sasongko
Kumpulan kitab Islami dan kitab tafsir (ilustrasi).
Foto:

Buya Hamka dalam Tafsir Al-Azhar menjelaskan, kata Al-Masih sebagai gelar dari Isa anak Maryam adalah kalimat Ibrani yang di-Arabkan. Asal katanya ialah Masyika, yang asal artinya ialah yang diurapi dengan minyak.

Namun kemudian diberikan menjadi gelar kemuliaan bagi raja yang sudah dinobatkan. Sebab tiap-tiap raja yang dinobatkan (dikukuhkan sebagai raja), terlebih dahulu diurapi (diperciki) badannya dengan minyak suci oleh Kahin (pendeta).

Menurut kepercayaan Bani Israil, setelah raja-raja mereka yang besar seperti Daud dan Sulaiman mangkat, satu kali akan datang lagi Al-Masih Raja Besar mereka yang kemudian akan mendirikan kerajaan kembali. Setelah beberapa lama kemudian, diutus Tuhanlah Nabi Isa anak Maryam AS. Beliau diberikan gelar Al-Masih yang berarti raja itu.

Buya Hamka menjelaskan bahwa pemberian gelar Al-Masih kepada Nabi Isa AS oleh Allah SWT adalah sebagai kedudukan seorang ‘raja’ yang memperbaiki jiwa yang telah rusak. Namun demikian, orang-orang Yahudi tidak ingin mempercayai sebab mengganggu kedudukan mereka yang telah kokoh dalam masyarakat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement