Pelaksanaan Haji di Tahun Kedua Masa Pandemi

Jumat , 16 Jul 2021, 03:59 WIB Reporter :Rossi Handayani/ Redaktur : Agung Sasongko
Sebuah tenda kemah untuk peziarah didirikan di Mina, dekat kota suci Muslim Mekkah, menjelang haji tahunan yang akan datang, Selasa, 13 Juli 2021.
Sebuah tenda kemah untuk peziarah didirikan di Mina, dekat kota suci Muslim Mekkah, menjelang haji tahunan yang akan datang, Selasa, 13 Juli 2021.

Untuk menghindari keramaian, Pusat Kontrol Keamanan Al Shumaisi akan mengamati dan mengontrol lalu lintas di area seluas 1,6 juta meter persegi

 

Terkait

Pihak berwenang menyatakan sistem canggih akan menyediakan gerbang digital, yang memfasilitasi lalu lintas dan bertujuan untuk mengurangi masa tunggu jamaah yang tiba di Mekah dari 45 menjadi tujuh menit selama jam sibuk. Lebih banyak jalur kendaraan telah ditambahkan, meningkatkan total dari enam menjadi 16 dengan jalur baru diperkenalkan untuk kendaraan darurat, bus, dan truk.

Al Zaidi Reception Centre di Makkah bertanggung jawab untuk mengeluarkan kartu haji pintar dan menawarkan layanan keramahtamahan lainnya. Ini termasuk mentransfer jamaah dan barang bawaan mereka ke tempat-tempat suci selama haji. Di samping itu juga tersedia tempat parkir mobil dengan kapasitas 8.000 kendaraan.

Kementerian Haji mengharuskan pekerja untuk mengambil kursus pengembangan online. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pekerja haji, dan membantu mereka mengikuti prosedur keamanan, serta keselamatan untuk menghindari kecelakaan dan cedera.

Urusan Haramian, sebuah badan pemerintah Saudi yang bertanggung jawab atas Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah, menyatakan mereka akan mengalokasikan 20 pintu masuk ke halaman selama haji tahun ini.

Sementara Robot pintar telah diperkenalkan untuk sterilisasi, dan membantu menyajikan air Zam Zam kepada jamaah haji tahun ini dalam upaya membantu mengurangi kemungkinan kontaminasi dan kepadatan.

Menteri Perhubungan pada Selasa (13/7) mengumumkan kesiapan stasiun kereta Haramain di Jeddah untuk melayani jamaah, setelah kebakaran tahun lalu.