Senin 19 Jul 2021 20:32 WIB

Khutbah Arafah: Pribadi Ihsan dan Tauhid

Ihsan yang paling agung adalah tauhid dan beribadah semata-mata kepada Allah SWT.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
Peziarah mengambil gambar bentangan wilayah Namirah dan Lembah Uranah dari puncak Jabal Rahmah di Arafah, Makkah. Di lembah tersebut Rasulullah SAW diriwayatkan menyampaikan khutbah perpisahannya pada tahun ke-10 Hijriyah.
Foto:

Kemudian menunaikan zakat, Allah berfirman, Dan rahmatku meliputi segala sesuatu maka akan aku tetapkan rahmatku bagi orang-orang yang bertakwa yang menunaikan zakat, dan orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat kami. Puasa di bulan Ramadhan, Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman, barang siapa di antara kamu ada di bulan itu maka berpuasalah.

"Kemudian menunaikan haji ke baitullah yang mulia sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta'ala,

dan di antara kewajiban manusia terhadap Allah adalah melaksanakan ibadah haji ke baitullah yaitu bagi orang-orang yang mampu mengadakan perjalanan ke sana, di antara kebaikan adalah beriman kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala, sebagai Rabb dan yang disembah beriman kepada malaikat-malaikat, kitab-kitab, semua rasul, hari akhirat, dan beriman dengan qadar yang baik dan buruk, qada dan qadar Allah itu pasti terjadi," ucap Syaikh.  

"Mengapa manusia tidak beribadah dengan baik, padahal Allah telah berbuat baik kepada para hamba, menganugrahkan berbagai nikmat, menciptakan mereka dari tidak ada dan menyempurnakan kebaikan mereka serta menambahkannya dengan berbagai kesenangan, atau kebahagiaan" lanjut Syaikh. 

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman, Tidakkah kamu memperhatikam bahwa Allah telah menundukkan apa yang ada di langit dan di bumi untuk kepentinganmu dan menyempurnakan nikmatnya untukmu lahir dan batin. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman, Sungguh kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.

Adapun Hari Arafah merupakan hari di mana para jamaah haji berkumpul untuk berdoa dan bertaqarrub kepada Allah ﷻ. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement