Kamis 29 Jul 2021 20:40 WIB

Menelusuri Jejak Peninggalan Islam di Spanyol

Di masa lalu, Spanyol merupakan salah satu pusat peradaban Islam di Eropa.

Istana Alcazar di Kota Sevilla, Spanyol
Foto:

Katedral Santa Mary di Toledo

Dahulunya, bangunan ini merupakan masjid. Lokasinya berada di Calle Cardenal Cisneros, 1, 45002 Toledo, Spanyol. Untuk menuju ke bekas masjid ini dapat menggunakan kereta cepat AVE dari Madrid yang memakan waktu 30 menit sedangkan sebuah bus atau sebuah mobil mengambil 1 jam. 

Museum ini dibuka pada pukul 10.00 waktu setempat hingga pukul 18.30 dari Senin – Sabtu. Sedangkan Ahad atau hari tertentu museum dibuka pukul 14.00 hingga pukul 18.30 waktu setempat. Museum ini libur ketika hari besar berlangsung.

 

Bangunannya bernuansa Gothic Prancis abad ke-13. Katedral ini adalah tempat ibadah masyarakat Kristen setempat. Sebe lum menjadi katedral, bangunan ini merupakan masjid utama kota Toledo. Meski telah menjadi gereja, sisa-sisa peninggalan masjid seperti menara yang dulunya digunakan oleh para muazin untuk panggilan adzan masih terlihat kokoh.

Beberapa sejarawan mengatakan bahwa aula doa pada masjid tersebut terdapat kemiripan dengan desain lima ruang doa. Taman masjid sebelumnya mirip dengan biara santa Peter.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement