Jumat 30 Jul 2021 02:56 WIB

Jason Mohammad, Kisah Presenter Olahraga Muslim Pertama

Jason Mohammad berharap keberhasilannya menjadi inspirasi generasi muda Muslim.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Presenter olahraga Jason Mohammad meraih rekor sebagai Muslim berpenghasilan tertinggi di BBC selama tiga tahun berturut-turut.
Foto:

Pengalaman Mohammad mendorongnya untuk berbicara lebih luas tentang ras, khususnya yang berkaitan dengan sepak bola. Sebagai seseorang yang jatuh cinta pada olahraga saat masih kecil, pria berusia 47 tahun itu sangat yakin bahwa ada lebih banyak yang harus dilakukan untuk mengatasi pelecehan di lapangan.

"Saya akan segera menendang tim mana pun yang terbukti bersalah mengeluarkan pemain rasis dari kompetisi Eropa dan internasional," katanya. Dia juga percaya masih banyak yang harus dilakukan untuk mengatasi pelecehan yang terjadi di luar lapangan.

"Saya mendapat komentar mengerikan di Twitter dan yang tidak bisa saya pahami adalah mengapa beberapa orang berpikir tidak apa-apa untuk melecehkan seseorang hanya karena melakukan pekerjaannya, apakah itu pesepakbola seperti Marcus Rashford, Jadon Sancho dan Bukayo Saka atau presenter sepakbola seperti saya. Saya sepenuhnya mendukung setiap dan semua langkah yang menghentikan hal itu terjadi," katanya.

Etos kerja Mohammad sendiri tidak perlu dipertanyakan lagi. Selain menjadi pembawa acara dua radio, ada berbagai pertunjukan olahraga yang dihadirinya, termasuk Olimpiade Tokyo. Ini akan menjadi Olimpiade kedua yang diliput Mohammad untuk BBC, setelah menjadi bagian dari timnya di Olimpiade 2012.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement