Selasa 03 Aug 2021 20:28 WIB

Tiga Jenis Sayuran yang Menyehatkan

Ada beberapa jenis sayuran yang lebih unggul karena manfaat yang dimiliki

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Agung Sasongko
Sayuran hijau bantu jaga kesehatan mata (Ilustrasi)
Foto:

Kale

Seperti halnya bayam, kale juga merupakan sayuran berdaun hijau yang sangat populer. Dengan kalori yang rendah, kale mengandung beragam zat gizi seperti vitamin A, C, dan K. Satu cangkir kale mentah diketahui mengandung 7 kalori.

Studi kecil pada 2008 menunjukkan bahwa konsumsi kale dapat bermanfaat bagi penderita kolesterol tinggi. Menurut studi yang melibatkan partisipan laki-laki dewasa ini, konsumsi 150 ml jus kale setiap hari selama 12 pekan dapat menurunkan sekitar 10 persen kolesterol buruk atau dikenal sebagai kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol baik atau kolesterol HDL sebesar 27 persen.

photo
Pekerja melakukan perawatan sayuran kale yang ditanam dengan sistem pertanian organik - (ANTARA/ Fakhri Hermansyah)

Studi lain pada 2015 menunjukkan bahwa jus kale dapat menurunkan tekanan darah, kadar kolesterol darah, dan kadar gula darah.

Individu yang mengonsumsi obat pengencer darah juga perlu berhati-hati dalam meningkatkan sayuran berdaun hijau gelap seperti kale.

Kale bisa dikreasikan dengan banyak cara seperti halnya bayam. Misalnya, menjadi campuran dalam pasta, salad, atau sandwich. Kale juga nikmat ketika diolah menjadi keripik atau jus.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement