Selasa 10 Aug 2021 23:23 WIB

Wapres Dukung Gerakan Minangkabau Berwakaf

Gerakan Minangkabau Berwakaf dapat menjadi sarana untuk pemberdayaan masyarakat.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Agung Sasongko
Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres) K.H. Maruf Amin.
Foto:

Apalagi, Sumatera Barat terkenal dengan para perantau yang sukses di berbagai daerah maupun di luar negeri. Menurutnya, potensi ini harus diaktifkan dalam bentuk kolaborasi para perantau dengan daerah dalam membangun “Nagari”. Salah satu gerakannya dapat diwujudkan dengan mengembangkan lebih luas lagi wakaf produktif.

"Untuk itu saya mengapresiasi inisiatif-inisiatif yang diambil oleh pemerintah daerah dan masyarakat Sumatera Barat baik dalam hal konversi bank Nagari menjadi bank Syariah maupun pengembangan wakaf produktif," ujar Wapres.

Sebelumnya, Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah melaporkan rangkaian acara Festival 1 Muharam 1443 H dilaksanakan dalam rangka pengembangan ekonomi syariah secara nasional. Ia mengungkap, ekonomi syariah di Sumatera Barat dan masyarakat Minangkabau ibarat dua sisi mata uang yang tidak terpisahkan.

Menurutnya hal ini menjadi modal yang baik bagi pengembangan ekonomi syariah tidak hanya di tingkat daerah tetapi juga di tingkat nasional.

“Kegiatan ekonomi syariah di Sumatera Barat di antaranya adalah melalui gerakan Minangkabau Berwakaf, sebagaimana salah satu wujud nyata dukungan pemerintah daerah adalah pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui instrumen wakaf. Di mana provinsi Sumatera Barat telah ditunjuk menjadi salah satu propinsi pilot project wakaf di tingkat nasional oleh Bapak Presiden,” katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement