Kamis 26 Aug 2021 20:47 WIB

Masjid Al-Irsyad Satya yang Sejuk Meski Tanpa Jendela

Gaya interior Masjid Al Irsyad Satya terbilang unik

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Masjid Al Irsyad Satya
Foto:

Uniknya lagi, di tempat imam masjid, atau mimbar masjid, dikelilingi kolam air. Dihadapan mimbar, atau di hadapan kiblat kita salat, dindingnya di desain bolong sehingga mata kita mengarah langsung ke pemandangan di luar masjid. Bolongan ini tampak membentuk seperti lorong yang mengerucut. Di ujung lorong yang mengerucut itu, terdapat bola besar yang bertuliskan lafadz Allah.

Sementara menyangkut kegiatan di masjid ini pun beragam, Ahmad mengatakan, cukup marak. Dia menyebutkan mulai dari kegiatan majelis taklim, sam pai pada pengkajian dan pengem bangan keilmuan. Masjid ini memiliki pusat kajian ilmu Islam yang menghasilkan ba nyak karya pustaka di bidang keislaman.

photo
Pekerja membersihkan lantai Masjid Al-Irsyad Satya, Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Sabtu (30/5/2020). Pemprov Jawa Barat akan memberlakukan penerapan tatanan Normal Baru (New Normal) pada 1 Juni di 15 kota/kabupaten secara bertahap yang dimulai dari pembukaan rumah ibadah dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19 - (Antara/M Agung Rajasa)

Di antara buku-buku yang sudah dibuat, yakni buku ten tang doa-doa harian, buku rujuk an amalan ibadah, buku tentang mimbar khutbah Jumat yang berisi soal materi-materi khut bah Jumat, dan buku mengenai konsultasi keislaman.

"Jadi, kita ingin masjid ini menjadi pusat keislaman yang menjadi rujukan ilmu agama untuk semua masyarakat di Ka bupaten Bandung Barat. Kita juga mengembangkan karya-kar ya ilmiah dan buku-buku khut bah Jumat. Kita publish dan edarkan ke masyarakat," ujar dia.

Karena itu, jajaran staf di DKM masjid ini pun minimal sudah mengenyam pendidikan sarjana. Ini agar mendukung kegiatan keilmiahan di masjid tersebut.

Masjid tersebut pun memiliki jaringan ke beberapa elemen masyarakat, mulai dari pemerin tah daerah, Majelis Ulama Kabu paten Bandung Barat, Kemen terian Agama Bandung Barat, beberapa ormas Islam di Ban dung Barat, dan forum silatura him guru negeri Bandung Barat.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement