Selasa 31 Aug 2021 17:45 WIB

Umat Nabi Muhammad yang Selamat dari Kobaran Api

Umat Nabi Muhammad yang Selamat dari Kobaran Api

Rep: Rossi Handayani/ Red: Muhammad Hafil
Umat Nabi Muhammad yang Selamat dari Kobaran Api. Foto: Ilustrasi Kebakaran
Foto: Foto : MgRol112
Umat Nabi Muhammad yang Selamat dari Kobaran Api. Foto: Ilustrasi Kebakaran

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Salah seorang dari umat Rasulullah ﷺ ada yang mengalami hal serupa seperti nabi Ibrahim. Dia selamat dari kobaran api, ketika dirinya tetap bertahan dalam keimanannya.

Dikutip dari buku Jangan Takut Hadapi Hidup karya Dr Aidh Abdullah Al-Qarny, Adalah Abu Muslim al-Khaulany yang merupakan salah seorang Tabi'in. Suatu hari ia pernah menemui Al-Aswad al-'Unsiy yang mengaku dirinya sebagai seorang nabi. Al-Aswad bertanya kepadanya,

Baca Juga

"Apakah engkau beriman kepadaku?"

"Aku tidak mendengar apapun tentang dirimu."

"Apakah engkau beriman kepada Muhammad?"

"Demi ayah dan ibuku, aku beriman kepadanya!"

"Demi Allah, aku benar-benar akan membunuhmu dengan cara yang tidak pernah aku lakukan kepada orang sebelum kamu!"

Al-Aswad segera mengumpulkan kayu bakar dan menyalakan api. Kemudian para tentara menyeret kedua tangan Abu Muslim Al-Khaulany. Begitu tubuhnya sudah dekat dengan kobaran api, ia pun bermunat dengan memanjatkan doa sebagaimana yang pernah dilantunkan oleh Nabi Ibrahim Alaihissallam.

  حَسْبِيَ اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ.

"Cukuplah Allah sebagai penolongku, dan Dialah sebaik-baik pelindung."

Demikianlah, akhirnya kobaran api yang begitu panas menjadi terasa dingin dan mampu menyelamatkan Abu Muslim Al-Khaulany. Ia berhasil keluar dari kobaran api tersebut dan kembali menuju kota Madinah.

Mendengar berita ini, Umar Radhiyallahu Anhu segera menghampiri dan memeluknya. Kemudian ia membawanya menghadap Abu Bakar Ash-Shiddiq dan mendudukkannya di antara mereka berdua. Setelah itu Umar berkata, "Segala puji bagi Allah yang telah memperlihatkan kepada kita salah seorang umat Muhammad yang mengalami seperti apa yang dialami Ibrahim Khalilurrahman".

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement