Keindahan Pegunungan Al Baha di Arab Saudi

Selasa , 07 Sep 2021, 02:43 WIB Reporter :Ratna Ajeng Tejomukti/ Redaktur : Muhammad Hafil
Keindahan Pegunungan Al Baha di Arab Saudi
Keindahan Pegunungan Al Baha di Arab Saudi

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Arab Saudi banyak memiliki tempat wisata yang indah, salah satunya adalah pegununvan Al Baha. Ketenangan dan cuacanya yang menyenangkan merupakan pengalaman yang memukau bagi pengunjung.

 

Terkait

Dilansir di Sauidgazette.com.sa, terletak di ketinggian 2.500 meter dari permukaan laut, Al Baha memiliki beberapa tempat wisata utama, termasuk Istana Ibnu Raqosh di desa Bani Sar dan Qaryah Dhee Ain atau desa marmer. Desa di lokasi ini terkenal dengan peradaban kuno buatan manusia dengan rumah - rumah batu yang diukir di batu.

Baca Juga

Istana Ibn Raqosh merupakan istana yang dibangun pada tahun 1833, mencakup lima rumah yang dibangun dengan gaya arsitektur yang unik, dan di dalam dinding istana terdapat sebuah masjid dengan kolam air, tempat para jamaah menggunakan air untuk berwudhu.

Desa Qaryah Dhee Ain adalah contoh luar biasa dari pemukiman manusia tradisional di rumah-rumah batu bertingkat. Desa ini dibangun menggunakan dinding penahan beban dan strukturnya beratap menggunakan kayu cedar.

Rumah - rumah bertingkat sangat mengagumkan karena dindingnya hanya dibangun oleh batu yang diletakkan satu di atas yang lain, dengan kayu yang membentuk balok lantai untuk memberikan stabilitas pada struktur batu.

Suku Ghamid dan Zahran kuno membentuk identitas budaya yang unik di daerah tersebut dengan membangun 1.001 qasbah batu menara pengintai yang hanya ditemukan di sini, serta mendirikan souq yang ramai. Pengunjung dapat berkendara keluar kota di sekitar tikungan gunung yang berliku dan melewati kebun aprikot dan delima untuk menemukan lebih dari 40 hutan di sekitar kota.

Jalan menuju desa marmer ini, akan melewati lembah Tolkienesque dan melewati reruntuhan menara, hampir sama spektakulernya dengan situs itu sendiri.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini