Jumat 10 Sep 2021 13:45 WIB

Beragam Lafaz Adzan Menurut Empat Mazhab

Adzan adalah isyarat dan tanda untuk memanggil umat Islam melaksanakan sholat.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Agung Sasongko
Adzan di Masjid Lautze
Foto:

2.Mazhab Syafi’i

Mazhab Syafi’i menggunakan lafaz adzan dari riwayat Abu Mahdzurah. Lafaz adzan dari riwayat ini tidak berbeda dengan lafaz adzan dari Abdullah bin Zaid, hanya ada tambahan tarji’. Sabda Rasulullah kepada Abu Mahdzurag adalah “Ulang sekali lagi dan panjangkan suaramu dengan dua kalimat syahadat,” (Alauddin al-Kasani al-Hanafi, al-Badai’ ash-Shan’i fi Tartibi asy-Syara’i, Kutub al-Ilmiyah 1986).

Tarji’ adalah pengulangan lafaz dua kalimat syahadat sebanyak empat kali. Dua yang pertama dengan suara pelan dan dua lafaz terakhir dibaca keras seperti lafaz adzan yang lain. Rinciannya adalah, pertama membaca lafadz asyhadu alla ilaha illa Allah sebanyak dua kali secara lirih. Kemudian membaca lafaz asyhadu anna Muhammadan Rasulullah sebanyak dua kali secara lirih.

Setelah itu, diulang kembali lafaz asyhadu alla ilaha illa Allah sebanyak dua kali secara keras seperti lafaz adzan yang lain. Lalu diulang kembali lafaz asyhadu anna Muhammadan Rasulullah sebanyak dua kali secara keras seperti lafaz adzan yang lain. Selebihnya, sama seperti lafaz adzan pada riwayat Abdullah bin Zaid.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement