Kamis 16 Sep 2021 13:03 WIB

Aktivis Palestina Tokoh Berpengaruh Versi Time

Aktivis kembar Palestina masuk daftar tokoh berpengaruh versi Time.

Rep: Rizki Jaramaya/ Red: Agung Sasongko
Aktivis Palestina Muna el-Kurd (23 tahun) dan saudara kembarnya Muhammad el-Kurb. Keduanya memiliki lebih sari satu juta pengikut di Instagram.
Foto:

Pemimpin Redaksi TIME Edward Felsenthal mengatakan, daftar 100 teratas menampilkan pemimpin luar biasa dari seluruh dunia yang bekerja untuk membangun masa depan yang lebih baik. Pengacara hak asasi manusia Iran, Nasrin Sotoudeh masuk ke dalam daftar tersebut.

Pada 2019, dia ditangkap dan dijatuhi hukuman 38 tahun penjara dan 148 cambukan atas upaya untuk memajukan hak-hak perempuan di Iran. Sotoudeh dibebaskan dari penjara tahun lalu, setelah mogok makan selama 46 hari sebagai protes atas tuduhan kolusi, menyebarkan propaganda, dan menghina pemimpin tertinggi Iran. 

Pendiri Taliban Mullah Abdul Ghani Baradar, yang baru-baru ini ditunjuk sebagai wakil perdana menteri Afghanistan masuk ke dalam daftar orang paling berpengaruh di dunia. Seorang jurnalis di Pakistan yang menulis tentang Baradar, Ahmed Rashid, mengatakan, Baradar adalah seorang pria pendiam dan tertutup. Dia jarang memberikan pernyataan atau wawancara publik. 

"Baradar tetap mewakili arus yang lebih moderat di dalam Taliban, yang akan didorong ke pusat perhatian untuk memenangkan dukungan Barat dan sangat membutuhkan bantuan keuangan. Pertanyaannya adalah apakah orang yang membujuk Amerika keluar dari Afghanistan dapat mempengaruhi gerakannya sendiri," ujar Rashid.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement