Senin 20 Sep 2021 16:45 WIB

Ulama Internasional Minta Taliban Berkuasa dengan Adil

Taliban berjanji memerintah dengan lebih moderat.

Rep: Lintar Satria/ Red: Agung Sasongko
Para wanita berbaris menuntut hak-hak mereka di bawah pemerintahan Taliban selama demonstrasi di dekat bekas gedung Kementerian Urusan Wanita di Kabul, Afghanistan, Minggu, 19 September 2021.
Foto:

Ia menambahkan episode tersebut menandai berakhirnya doktrik (Jimmy) Carter. Komitmen AS yang tergantung pada minyak menggunakan militer untuk mempertahankan kepentingnya di Teluk.

"Apakah kami dapat tergantung pada payung keamanan Amerika untuk 20 tahun ke depan? Saya pikir saat ini sangat problematik, benar-benar problematik," tambahnya.

Ia mengatakan perang melawan 'pihak yang membajak Islam' selama 20 tahun tidak meninggalkan warisan di Afghanistan. Pejabat itu memprediksi para pemimpin-pemimpin negara-negara Afrika Barat dan Sahel khawatir berhasilnya Taliban merebut kekuasaan mendorong kelompok-kelompok teroris lain semakin percaya diri.

 

Pejabat tersebut tidak ada harapan Taliban akan bertindak berbeda dibanding sebelumnya. "Mereka pada dasarnya sama, tapi kini lebih paham dunia," katanya. n Lintar Satria

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement