Jumat 24 Sep 2021 17:00 WIB

Baradar Menghilang, Taliban Terpecah?

Perdana Menteri Mullah Abdul Ghani Baradar belakangan menghilang dari publik.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Agung Sasongko
Pemimpin senior Taliban, Mullah Abdul Ghani Baradar.
Foto:

Padahal Menteri Informasi dan Budaya, Zabihullah Mujahid, mengatakan dua hari setelah Taliban mengambil alih negara itu bahwa mereka tidak akan melakukan itu "Kami telah menginstruksikan semua orang untuk tidak memasuki rumah siapa pun, apakah mereka warga sipil atau militer," ujarnya.

Mujahid menegaskan ada perbedaan besar antara Taliban dan pemerintah sebelumnya. Namun, bagi mereka yang mengetahui situasi tersebut, kepemimpinan Taliban saat ini menghadapi banyak masalah yang sama dengan faksi-faksi seperti pemerintahan mantan Presiden Ashraf Ghani.

 

Sumber terdekat menyatakan, seperti halnya pemerintah Afghanistan lainnya, perpecahan di antara Taliban jatuh di sepanjang garis. Namun, tidak seperti pemerintahan sebelumnya, Taliban tidak hanya menderita karena anggota yang terlalu ambisius atau pandangan politik yang berlawanan, perpecahannya jauh lebih mendasar.

Saat ini, Taliban, kata sumber tersebut, terdiri dari milisi yang masih menunggu rampasan perang versus politisi yang ingin meredakan ketakutan rakyat Afghanistan dan masyarakat internasional. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement