Arab Saudi Luncurkan Strategi Pengembangan Destinasi Asir

Rabu , 29 Sep 2021, 15:51 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Muhammad Hafil
Pegunungan Asir Arab Saudi, Tujuan Bagi Pecinta Alam
Pegunungan Asir Arab Saudi, Tujuan Bagi Pecinta Alam

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Putra Mahkota Saudi Muhammad Bin Salman, meluncurkan Strategi Pengembangan Wilayah Asir. Pria yang juga menjabat sebagai ketua Dewan Urusan Ekonomi dan Pembangunan (CEDA) ini mengumumkan proyek ini berhalan dengan tema "Dataran Tinggi Arab".

 

Terkait

Tujuan strategi ini adalah mencapai pertumbuhan kawasan yang komprehensif yang belum pernah terjadi sebelumnya, serta berkelanjutan. Investasi senilai 50 miliar riyal Saudi diluncurkan untuk membiayai proyek-proyek vital utama dari berbagai sumber.

Baca Juga

Upaya ini dilakukan untuk mengembangkan atraksi wisata di dan sekitar puncak pegunungan Asir, mengubah kawasan ini menjadi kawasan yang serba bisa, bahkan menjadi destinasi dunia sepanjang tahun.

Dilansir di Saudi Gazette, Rabu (29/9), kawasan ini akan mengandalkan keindahan alam dan kekayaan budayanya, yang dipadukan dengan keaslian dan modernitas. Strategi tersebut juga akan berkontribusi pada kesejahteraan sosial dan ekonomi daerah.

Putra Mahkota mengumumkan strategi tersebut berupaya menjadikan wilayah Asir pada 2030, sebagai tujuan wisata dunia sepanjang tahun yang mampu melayani lebih dari 10 juta pengunjung dari dalam dan luar Kerajaan.

Ia menambahkan, strategi tersebut ditopang oleh aset alam yang dimiliki daerah. Aset-aset ini akan dimanfaatkan, melalui proyek-proyek wisata besar yang menyoroti puncak gunung tinggi di kawasan itu, serta keragaman geografis dan alamnya yang mengungkapkan kekayaan warisan budayanya.

Strategi Asir berupaya menarik investasi lokal dan internasional, yang akan berkontribusi menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang efektif dan berkelanjutan. Upaya ini diambil melalui paket fasilitasi langkah-langkah administratif komprehensif, yang akan memperkuat peran pariwisata dan budaya sebagai mekanisme pembangunan ekonomi utama di Asir.

Sebagai implementasi strategi dan berkontribusi pada 2030, proyek tersebut disiapkan untuk menyediakan lapangan kerja baru, selain meningkatkan kualitas hidup dan meningkatkan layanan maupun infrastruktur dasar kawasan. Termasuk di dalamnya pengembangan komunikasi, perawatan kesehatan, transportasi, dan layanan maupun fasilitas pemberdayaan warga lainnya.

Pada kesempatan ini, Pangeran Turki Bin Talal Bin Abdulaziz, selaku Ketua Aseer Development Authority (ADA), menyampaikan ungkapan terima kasih dan pengakuannya yang setinggi-tingginya atas dukungan dan minat Putra Mahkota yang terus-menerus terhadap wilayah Asir dan rakyatnya. 

Sumber:

https://saudigazette.com.sa/article/611491/SAUDI-ARABIA/Crown-Prince-launches-development-strategy-for-Asir-to-become-attractive-tourist-destination

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini