Kamis 30 Sep 2021 03:40 WIB

Muslim India Hadapi Ujian Berat

Muslim adalah yang termiskin di antara semua kelompok agama di India

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Muslim India sedang shalat berjamaah di Masjid
Foto:

Semua insiden ini direkam dalam serangkaian video yang menjadi viral. Benang merah dalam video adalah bahwa mereka menampilkan pedagang Muslim dan pedagang kecil diserang karena identitas agama mereka. Juga, para penyerang dalam semua kasus tersebut diduga anggota kelompok sayap kanan Hindu, yang merasa berani di bawah pemerintahan Modi dan menerapkan impunitas yang signifikan.

Insiden seperti itu dilihat sebagai bagian dari serangan yang lebih besar terhadap mata pencaharian Muslim, banyak dari mereka adalah wiraswasta atau terlibat dalam pekerjaan bergaji rendah. Hampir 46 persen Muslim adalah wiraswasta di perkotaan India, terbesar dibandingkan dengan komunitas lain, menurut data dari National Sample Survey Organization (NSSO), 2013.

Laporan tersebut menambahkan bahwa Muslim adalah yang termiskin di antara semua kelompok agama di India dan terkonsentrasi pada pekerjaan bergaji rendah di sektor informal. Jeremy Seabrook dan Imran Ahmed Siddiqui, dalam buku mereka People Without History: India’s Muslim Ghettos, telah mendokumentasikan kondisi tenaga kerja Muslim yang karena globalisasi telah memaksa mereka ke pekerjaan bergaji rendah.

Jika insiden serangan yang sering terjadi terhadap mata pencaharian Muslim ini terlihat.

"Insiden serangan yang terjadi terhadap mata pencaharian Muslim ini terlihat sesuai dengan beberapa langkah kebijakan yang telah diambil oleh pemerintah BJP di berbagai negara bagian dalam beberapa tahun terakhir, maka itu memang tren yang mengkhawatirkan," kata Abdul Waheed, profesor sosiologi di Universitas Muslim Aligarh di Uttar Pradesh.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement