Kamis 30 Sep 2021 03:40 WIB

Muslim India Hadapi Ujian Berat

Muslim adalah yang termiskin di antara semua kelompok agama di India

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Muslim India sedang shalat berjamaah di Masjid
Foto:

Pada 2017, ketika pemerintah BJP berkuasa di negara bagian utara, salah satu langkah pertamanya adalah menutup rumah jagal dan toko daging. Alasan yang jelas adalah bahwa tempat-tempat seperti itu tidak mengikuti peraturan hukum. Namun, hingga saat ini belum ada peraturan terkait yang dibuat.

"Tidak adanya peraturan dalam hal ini memperjelas bahwa niat di balik langkah tersebut adalah untuk mengacaukan bisnis Muslim," Manoj Singh, jurnalis dan peneliti di kota Gorakhpur, Uttar Pradesh, yang telah melacak kebangkitan BJP di negara bagian tersebut.

Shalabh Mani Tripathy, juru bicara BJP dan penasihat media untuk kepala menteri Uttar Pradesh, membantah klaim tersebut. "Pemerintah negara bagian populer bahkan di kalangan Muslim karena berbagai skemanya. Sebuah narasi sedang dibangun oleh kepentingan pribadi bahwa pemerintah anti-Muslim yang tidak benar," kata Tripathy.

"Beberapa dari video dan insiden ini ternyata palsu. Yang lain sedang diselidiki; oleh karena itu, terlalu dini untuk mengomentarinya. Izinkan saya meyakinkan Anda bahwa tidak ada seorang pun yang kebal hukum di negara bagian ini," kata dia.

Ketika pandemi Covid-19 pecah di India tahun lalu, penjual buah Muslim menjadi sasaran dan kambing hitam karena diduga menyebarkan virus. Poster dipasang di beberapa desa yang mengumumkan bahwa pedagang Muslim tidak diterima di daerah tersebut.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement