Jumat 01 Oct 2021 17:00 WIB

Saksi Ragukan Operasi Penyergapan Osama bin Laden

Salah satu saksi meragukan operasi penyergapan Osama bin Laden.

Rep: Lintar Satria/ Red: Agung Sasongko
Seorang pria menceritakan apa yang terjadi di sisa reruntuhan rumah Osama bin Laden.
Foto:

Operasi dengan kode  Neptune Spear itu bertujuan mengeliminasi pendiri al-Qaeda. Sejak akhir tahun 1990-an Osama bin Laden bersembunyi di Afghanistan yang saat itu dikuasai Taliban.

Setelah serangan teror 11 September di World Trade Center di New York dan di gedung Pentagon yang menewaskan 3.000 orang warga AS. Amerika meminta Taliban mengekstradisi Osama bin Laden.

Taliban menolak ekstradisi ketua al-Qaeda tersebut. Sehingga AS menginvasi Afghanistan yang baru berakhir setelah dua puluh tahun.

Namun Osama berhasil melarikan diri setelah AS menggulingkan Taliban. Selama beberapa tahun ketua al-Qaeda itu melanjutkan aktivitas politiknya dengan tampil di televisi dan membuat ancaman baru. Sementara lokasinya tidak diketahui.

Pada 2010 CIA berhasil melacak kurir Osama yang sedang berkunjung ke sebuah komplek di Kota Abbottabad, Pakistan. Operasi membunuh Osama diumumkan pada 1 Mei 2011. Beberapa bulan setelah pasukan AS mengawasi komplek tersebut dan melatih pasukan khusus untuk menghafalnya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement