Senin 04 Oct 2021 02:03 WIB

Muslim Afrika Selatan Bantu Gandhi Lawan Ketidakadilan

Seorang pengacara Afrika Selatan mengingatkan peran umat Islam dalam membantu Gandhi.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko
Muslim Afrika Selatan.
Foto: Lenzinfo.co.za
Muslim Afrika Selatan.

IHRAM.CO.ID, JOHANNESBURG -- Seorang pengacara Afrika Selatan mengingatkan peran umat Islam dalam membantu Mohandas Karamchan Gandhi atau lebih dikenal dengan Mahatma Gandhi  melawan ketidakadilan.

Gandhi tiba di Afrika Selatan pada 1893 dan dalam waktu singkat menjadi pemimpin komunitas India dan bekerja sebagai pengacara dan aktivis hingga 1914. Dengan kata-katanya sendiri, dia menyebut lahir di India tetapi dibuat di Afrika Selatan.

Baca Juga

"Keluarga Muslim membantu Gandhi dengan murah hati, menjamu dan membiayainya saat ia mendirikan operasinya di wilayah Natal dan Afrika Selatan,” kata seorang pengacara terkemuka, Saber Ahmed Jazbhay, dikutip di Anadolu Agency, Ahad (3/10).

Bisnis Muslim pada saat itu disebut sebagian besar dipengaruhi oleh penindasan kolonial dan rasisme. Gandhi tidak hanya memengaruhi orang India di Afrika Selatan. Semua ras tersentuh oleh filosofinya, karena ia menunjukkan ada alternatif untuk setiap kekerasan.

Saat menandai seratus tahun gerakan non-kekerasan Gandhi pada Januari 2007, mendiang Nelson Mandela mengakui filosofi Gandhi telah berkontribusi pada transformasi damai dan berusaha menyembuhkan perpecahan yang diciptakan oleh praktik apartheid.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement