Rabu 06 Oct 2021 14:41 WIB

Kemenag Buat Instrumen Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia

Kemenag membuat instrumen asesmen kompetensi madrasah di Indonesia.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Gedung Kemenag
Foto:

Kepala Sub Direktorat Kurikulum dan Evaluasi, Ahmad Hidayatullah menambahkan, bersyukur kegiatan pengembangan instrumen AKMI telah memasuki tahap finalisasi, yang mana telah dilakukan proses validasi instrumen. Sehingga, akan terlihat dan dapat dikelompokan soal-soal sesuai dengan domain dan sub domain berdasarkan tingkat kesulitan.

Ahmad mengatakan, finalisasi ini juga akan merumuskan tingkat kesulitan instrumen. Menurutnya tingkat kesulitan tersebut awalnya dipersepsikan berdasarkan teori konseptual. Hal itu perlu dikonfirmasi dengan data empiris yang menunjukan tingkat kesulitan yang objektif berdasarkan respon peserta validasi. Dengan demikian, diharapkan instrumen yang disusun akan memiliki karakteristik yang sama persis dengan karakteristik sasaran AKMI.

 

"Pastinya diperlukan kerja keras semuanya selama kegiatan ini. Memperhatikan strategisnya kegiatan ini, tindak lanjut validasi yang telah dilakukan ini didampingi tim pakar dari berbagai dasar keilmuan agar nantinya dapat membenahi dan memperkaya koleksi dan variasi dalam inventarisasi soal-soal instrumen," jelas Ahmad.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement