Rabu 06 Oct 2021 15:38 WIB

Peringatan Alquran untuk Orang-Orang Musyrik

Dalam Surah Al-An'am Ayat 17, Alquran beri peringatan orang-orang musyrik.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Alquran
Foto:

Orang musyrik sering memandang berhala-berhala, dukun-dukun atau pelindung lainnya selain Allah dapat menghilangkan kemudharatan tersebut.

Ayat ini menegaskan, tidak ada seorang pun yang dapat mencegah suatu kebaikan yang dianugerahkan Allah kepada seseorang seperti kekayaan, kesehatan, kemuliaan, kekuatan dan lain sebagainya yang menimbulkan kebahagiaan baik lahir maupun batin. Allah Maha Kuasa memelihara segala kebaikan agar seseorang tetap sebagaimana yang Dia kehendaki.

Setiap selesai melaksanakan sholat lima waktu, Nabi Muhammad SAW selalu membaca doa. "Ya Allah, tak ada yang mencegah terhadap apa yang Engkau berikan, tak ada yang memberi terhadap apa yang Engkau cegah dan tidak bermanfaat kejayaan seseorang atas siksaan-Mu." (HR Al-Bukhari dari al-Warrad)

Ayat ini menunjukkan pula bahwa setiap manusia baik yang menginginkan kebaikan atau yang ingin menghindari kemudaratan, haruslah meminta pertolongan kepada Allah semata-mata dengan berusaha menurut sunnah-Nya yang berlaku dalam alam ini dan dengan memanjatkan doa sepenuhnya kepada-Nya."

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement