Senin 11 Oct 2021 13:13 WIB

Larangan Mencela Sahabat Rasulullah, Ini Penjelasannya

Rasulullah memperingatkan umatnya untuk tidak mencela sahabatnya.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
Rasulullah
Foto:

Siapakah yang bisa memimpin kalian seperti mereka? Semoga Allah melimpahkan rahmat-Nya kepada keduanya dan memberikan anugerah kepada kita untuk bisa berjalan di atas jalan mereka berdua. Siapa saja yang mencintai aku, maka cintailah mereka berdua. Sedang siapa saja yang tidak mencintai keduanya, berarti dia telah membuatku marah, dan aku berlepas diri darinya. 

Sekiranya aku memberikan hukuman terhadap kalian yang mencela Abu Bakar dan Umar ini, niscaya aku akan hukum dengan amat keras. Ketahuilah, jika setelah hari ini aku mendapat laporan ada seseorang yang mencela Abu Bakar dan Umar, maka hukuman bagi pelakunya itu seperti hukuman bagi pendusta. 

Ketahuilah, bahwa sebaik-baik umat ini setelah Nabinya ﷺ adalah Abu Bakar serta Umar Radhiyallahu Anhuma, kemudian Allah lebih mengetahui hakikat kebaikan itu berada? 

Demikian yang bisa kusampaikan, dan aku memohon ampun kepada Allah untukku serta untuk kalian.'"

Dari Ali, semoga Allah memuliakan wajahnya, dia berkata: "Akan muncul di akhir zaman, suatu kelompok yang gemar mencaci. Mereka disebut Rafidhah. Mereka mengaku pengikut kami, padahal mereka ini sama sekali bukan pengikut kami. Tanda mereka yaitu gemar mencela Abu Bakar dan Umar Radhiyallahu Anhuma. Di mana pun kalian mendapati mereka, maka bunuhlah mereka dengan kadar seberat-beratnya, karena sungguh mereka semua pada hakikatnya adalah orang-orang musyrik."

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement