Kamis 28 Oct 2021 13:18 WIB

Industri Fesyen Muslim Indonesia Terus Berkembang

Industri fesyen muslim di Indonesia menjadi salah satu bidang yang paling berkembang.

Rep: Dedy Dermawan/ Red: Agung Sasongko
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dalam acara Trade, Tourism, and Investment Forum Reviving Global Trade through Strengthening Regional Economic Partnership yang digelar secara virtual pada Kamis (21/10). Acara ini merupakan bagian dari rangkaian gelaran Trade Expo Indonesia (TEI) ke-36 Digital Edition yang mengusung tema
Foto:

 

Chairman of Indonesia Halal Lifestyle Center (IHLC) Sapta Nirwandar, menyarankan agar pemerintah lebih fokus pada industri fesyen muslim dalam pengembangan produk halal. Sebab, industri fesyen Indonesia saat ini menjadi salah yang paling berkembang pesat dalam industri produk halal.

"Kita perlu fokus pada modest fashion karena ini yang paling kompetitif," kata Sapta.

Ia mengatakan, Indonesia memiliki para desainer yang cukup maju dalam bidang busana muslim. Hanya saja, branding produk fesyen muslim masih kurang baik sehingga belum dikenal luas dalam level internasional.

Sapta pun menyarankan agar Indonesia bisa lebih gencar dalam berkolaborasi dengan brand yang sudah lebih mendunia untuk bisa dikenal oleh konsumen global.

"Mungkin kita harus co-branding dengan yang lain tapi tentu untuk produk yang punya kualitas dan desain bagus," kata dia. 

IHLC dalam laporan State of The Global Islamic Economy Report 2020/2021 mencatat nilai perdagangan fesyen muslim secara global mencapai 277 miliar dolar AS. Pada 2024 mendatang diperkirakan nilai tersebut akan naik menjadi 311 miliar dolar AS atau tumbuh rata-rata per tahun 2,4 persen.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement