Senin 01 Nov 2021 18:00 WIB

Ormas Islam India Perbaiki Masjid yang Dirusak

Ormas Islam India perbaiki masjid yang dirusak saat kerusuhan di Tripura pekan lalu.

Rep: Mabruroh/ Red: Agung Sasongko
Seorang prajurit paramiliter berpatroli melewati sebuah toko yang terbakar di desa Rowa, sekitar 220 kilometer dari Agartala, di negara bagian Tripura, India, Rabu, 27 Oktober 2021. Ketegangan tinggi di beberapa bagian negara bagian Tripura pada Jumat setelah serangkaian serangan terhadap minoritas Muslim. Serangan itu sebagai pembalasan atas kekerasan terhadap umat Hindu di perbatasan Bangladesh awal bulan ini. Polisi mengatakan setidaknya satu masjid, beberapa toko dan rumah milik Muslim dirusak sejak Selasa. 
Foto:

Kepala polisi distrik Krishnendu Chakravertty mengatakan bahwa situasi di distrik SepahiJaladi, terdapat dua insiden perusakan masjid oleh penjahat tak dikenal dilaporkan pada minggu lalu. Selanjutnya ada dua upaya penyerangan namun gagal dilakukan dan situasinya sekarang terkendali dan salat jumat digelar seperti biasanya.

"Ini benar-benar terkendali dan semuanya normal di lapangan," kata Wakil Inspektur Jenderal Polisi (Jarak Utara) Lalhminga. Dia mengatakan bahwa ini hanya insiden kecil namun telah dibesar-besarkan.

Dalam pernyataan hari Sabtu, Presiden Maulana Mahmood Madani Jamiat mencatat bahwa tidak ada tindakan yang diambil oleh pemerintah terhadap mereka yang melakukan penistaan ​​terhadap Nabi Muhammad (SAW).

Awal pekan ini, Asosiasi untuk Perlindungan Hak Sipil mengatakan setidaknya ada 27 insiden yang dikonfirmasi dari gerombolan sayap kanan yang menyerang masjid, rumah, dan individu di wilayah Muslim di negara bagian tersebut. 

 

Kelompok hak asasi mengatakan, hampir semua serangan dilakukan oleh berbagai kelompok sayap kanan, termasuk sayap kanan Vishva Hindu Parishad, yang seolah-olah berkumpul untuk memprotes kekerasan anti-Hindu di Bangladesh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement