Selasa 02 Nov 2021 04:33 WIB

Siapa Orang Pertama yang Mendakwahkan Islam di Kashmir?

Muslim pertama di Kashmir masuk pada periode Muhammad bin Qasim.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
Muslim Khasmir
Foto:

"Dia adalah penduduk Turkistan dan setelah menyelesaikan pendidikan dan pengetahuannya di sana, dia pindah ke Baghdad, dan setelah memperoleh pengetahuan tasawuf dari Shahabuddin Suhrawardi dan Syed Shah Niyamatullah, menurut konstitusi waktu itu, Bulbul Shah berangkat ke dunia untuk mempopulerkan Dakwah Islam, dan pada tahun 1302 Masehi ia akhirnya memasuki Kashmir," ucap Khalid.

Khalid mengatakan, Rinchan Shah adalah penguasa Kashmir pada waktu itu, yang menganut agama Buddha, sedangkan istrinya, Kota Rani putri Ram Chandrina, adalah seorang pengikut Hindu Dharma. Perbedaan agama antara kedua pasangan selalu menciptakan perbedaan pendapat. Sang Ratu mendesak Rinchan untuk menerima Hindu Dharma, tetapi dia tidak setuju.  Akhirnya, suatu hari, mereka memutuskan bahwa pria yang agamanya akan muncul di hadapan mereka di pagi hari, mereka akan menganut agama yang sama.  

Keesokan harinya Rinchan membuka jendela istananya dan melihat seorang pria yang sedang beribadah dengan cara baru. Ini adalah Bulbul Shah yang sedang melakukan shalat Subuh. Rinchan Shah begitu terkesan dengan metode ini dan mengingatkan janjinya kepada Kota Rani, yang mengakibatkan konvergensi seluruh kekaisaran ke Islam. Rinchan Shah berganti nama menjadi Sadruddin dan Kota Rani sebagai Khatun Begum, dan dengan demikian Islam mendapat posisi resmi di Kashmir. 

Sementara Makam Bulbul Shah merupakan batu polos panjang yang terletak di tepi sungai Jhelum di Bulbul Lanker Aali Kadal Srinagar. Tidak ada tulisan di makamnya. Di dekat makam Bulbul Sahib adalah makam Allama Ahmad. Makam Sultan Sadruddin juga terletak di sebidang tanah kecil di sebelah barat makam Bulbul Shah, di mana Departemen Arkeologi telah membangun sebuah taman yang indah. Sultan Sadruddin memerintah Kashmir dari 1320-1331.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement